Inrate, Sistem Rating Zaman Now Garapan Lokal Resmi Diperkenalkan
Foto: Metranet
Uzone.id- Bagus tidaknya konten tayangan di televisi selama ini ditentukan oleh sebuah rating.
Sehingga, industri penyiaran dituntut untuk dapat menyediakan konten tayangan yang terkonsep dengan baik dan berkualitas bagi masyarakat, agar ratingnya maksimal.
Peringkat rating diperoleh dari dari banyaknya jumlah pemirsa yang menonton suatu program.
Ternyata metode penetapan peringkat yang selama ini dilakukan terhadap suatu program dinilai oleh para praktisi penyiaran masih dapat dimaksimalkan.
Penilaian rating yang umum dipakai dirasa kurang akurat dan belum mencerminkan data program yang disukai pemirsa.
Nah, PT. Metranet selaku penyedia layanan big data analisis, menyadari bahwa di era serba digital, pasar bisnis iklan media televisi akan terus tumbuh.
Potensi total belanja iklan di Indonesia pada tahun 2021 mendatang sebesar US$13,7 miliar atau naik 63,1% dibandingkan belanja iklan di tahun 2016 senilai US$8,4 miliar*.
Pertumbuhan terbesar berada pada internet (kategori paid search, display, classified) dari porsi 13,1% menjadi 21,5%.
Belanja iklan untuk video (TV, web video, bioskop) mencapai 53,8% dari total belanja, naik tipis sebesar 53,6% di 2016. Berdasarkan peluang serta pertumbuhan pasar diatas.
Itu kenapa, PT. Metranet yang juga merupakan anak usaha Telkom Grup, meluncurkan Inrate yaitu sebuah alat pengukuran kepemirsaan televisi berupa rating, baik tayangan berbayar maupun program FTA (free to air).
Data analisa Inrate diambil dari populasi 2.1 juta pelanggan UseeTV yang tersebar di 438 kota dan 34 provinsi se-Indonesia.
Konsorsium Inrate menghasilkan perhitungan rating berdasarkan pemirsa UseeTV dengan profiling helix persona yang didapatkan dari lembaga penelitian Roy Morgan dan smart profile yang dihasilkan dari kapabilitas big data PT. Metranet.
Pengolahan dan penyajian hasil datanya sudah menggunakan pendekatan teknologi informasi terkini yaitu berupa tampilan dashboard pada web aplikasi user friendly dengan data yang diperbaharui secara real time.
Pengguna dapat login melalui akun untuk dapat mengakses informasi yang diinginkan.
Saat ini Inrate ditawarkan dalam paket INRATE LITE dengan pilihan Basic, Silver dan Gold.
Paket INRATE PRO akan hadir pada tahun 2019 dengan beberapa fitur tambahan.
Produk INRATE telah dikembangkan sejak tahun 2017 dan akan terus berkelanjutan hingga tahun 2020.
Hadirnya Inrate di pasar Indonesia, memberikan pilihan alternatif TV rating yang mencakup semua segmen, psychographics dan merepresentasikan mayoritas populasi di Indonesia.
Diharapkan dapat digunakan oleh praktisi televisi, agensi periklanan dan pemilik merk untuk membuat strategi bisnis yang terbaik dengan cara yang bijaksana.
“Poin yang membedakan Inrate dari kompetitor adalah kami memiliki pelanggan, data digital dan mengelola big data analysis,” ujar Hartana, CEO Inrate.