Inul dan Nasihat Sinis 'Si Gila' Diogenes

pada 8 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Inul Daratista, penyanyi dangdut yang kali pertama dikenal lewat kontroversi “goyang ngebor”, mendadak kembali menjadi buah bibir di media-media sosial lantaran pernyataan sinis yang diunggahnya keInstagram.

Sinismenya tersebut, dianggap sebagian orang sebagai penghinaan terhadap ulama atau pemuka agama Islam. Namun, tak sedikit pula yang membela dan menyatakan sinisme Inul bukan menghina ulama. Sebaliknya, sinisme itu bisa dianggap sebagai otokritik terhadap politisasi agama terutama menjelang putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta.

Polemik mengenai pernyataan sinis Inul tersebut, sebenarnya bukan kali pertama terjadi dalam sejarah. Setidaknya, adalah Diogenes—filsuf Yunani yang dikenal gemar mencela—yang kali pertama mengenalkan metodologi kritik melalui pernyataan-pernyataan sinistik.

Dikisahkan dalam buku “Ancient Greece: Social and Historical Documents from Archaic Times to the Death of Alexander the Great”karya Matthew Dillon, Kaisar Alexander Agung yang tersohor itu suatu kali berniat menemui Diogenes. Keputusan itu dianggap kontroversial oleh para menterinya. Sebab, Diogenes pada masanya dianggap pemikir gila dan tak punya tata krama.

Anggapan masyarakat itu tidak tanpa alasan kuat. Bukan apa-apa, pola hidup Diogenes memang terbilang ugal-ugalan, bahkan untuk ukuran era kuno sekali pun. Betapa tidak, dia tak pernah mandi, berbusana compang-camping, tinggal dalam peti jenazah, serta mencari makan dari tempat sampah.

Berkat ketidaklaziman hidupnya itu, awam lantas menilai Diogenes hidup seperti anjing atau dalam bahasa Yunani”kynikos”(seperti anjing). Jauh di kemudian hari, ketika fajarrenaissance serta abad modern menyingsing dari barat Bumi, diksi Yunani "kynikos" menjadi akar kata ”sinis”.

Namun, Kaisar Alexander Agung yang nyaris bisa menyatukan seluruh negara di dunia itu tetap menemuinya.

Saat bertemu, kalimat yang kali pertama diucapkan sang kaisar yang melihat Diogenes hidup di gubuk kumuh adalah, ”Diogenes, apa ada yang bisa kubantu?”

Diogenes cuek menjawab tawaran sang kaisar dengan mengatakan, ”Ya, tentu saja ada. Tolong Anda jauh-jauh menyingkir dari  lubang masuk. Anda menghalangi cahaya masuk!” Begitulah cara Diogenes mengusir sang kaisar, sekaligus secara sinis mengkritik kaisar yang gemar mengobarkan peperangan atas nama persatuan dunia tersebut.

Inul, bukanlah seorang filsuf, apalagi berpola hidup”kynikos” seperti Diogenes. Namun, merujuk ”cuitan” banyaknetizenyang membelanya, Inul bisa dikatakan mewariskan metodologi kritik Dioegenes, yakni melalui pernyataan sinistik.

Simak saja rentetan kalimat yang diunggahnya keInstagram,Sabtu (25/3/2017) akhir pekan lalu, sebagai keterangan foto dirinya bersanding dengan Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Pria yang disebut belakangan juga memunyai masalah yang serupa: disangka menistakan agama dan ayat-ayat suci.

"Jangan Islam jadi benteng untuk hal politik hanya foto sampe komentar dengan bilang saya atheis emangnya kalian Islamnya bener???mata kalian gak lihat raja salman aja jiwa agamisnya tingkat tinggi masih saling menghormati jangan karena kalian pengen ganti pemimpin terus segala cara digunakan sampe mau dibayar amplopan dan nasi kotak juga saling gontok2an sesama islam muslim. Arep jadi opo,"tulis Inul. 

"Kasihan padahal semua pasangan calon juga diundang sama indosiar karna semua TV dapat jatah harus menghadirkan kedua paslon lah koq kalian ribut soak alim sok suci. kalian lihat pemimpin kalian yang kemaren kena kasus tuh sama wanita pa kabarnya?? lihat juga pasangan lain yg kasus buku di jerman ayoo kalo mau obok2an jangan sok pintar sadari aku tidak berpihak pada siapa2...,"tulis Inul lagi.

Kontan pernyataan Inul itu menuai protesnetizen.Bahkan, melaluiTwitter,sebagian orang memobilisasinetizenuntuk memboikot Inul Daratista beserta produk-produk bisnis yang digelutinya.

"Nda tau ulama itu pewaris ilmu nabi,penyambung lidah nabi utk kita generasi skrg.kok enteng amat fitnah ulama?,"tulis @MaulanaCrews.

"Mbak @daratista_inul , ketenaran bukanlah kebahagiaan sesungguhnya. Bahagia itu bila kita saling positif pd orang lain,"tulis tya-subiakto.

"Inul hebat lu udah dukung ahok...  Gak takut kehilangan penggemar...  Ha ha ha..  Akan ada boikot karena inul sdh dukung penista agama, "lanjut @agungasoy. 

Tak hanya itu, Inul juga dilaporkan ke Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya), Senin (27/3), oleh orang-orang yang mengatasnamakan Advokat Peduli Ulama.

Dahlia Zein, anggota Advokat Peduli Umat, mengatakan melaporkan Inul karena diduga melanggar Pasal 310-311 KUHP dan UU ITE Pasal 28.

Dalam persepsi Dahlia dan sohib-sohibnya, pernyataan Inul di Instagram adalah penghinaan terhadap ulama. Ciri-cirinya mudah diketahui, sebab Inul menulis kata-kata seperti ”memakai sorban yang melakukan tindakan tak terpuji”.

Aryani, manajer Inul, berapologi bahwa pernyataan-pernyataan kontroversial artisnya itu lantaran kesal terhadap sejumlahnetizenyang mengomentari fotonya besama Ahok.

"Kalau keluar kata-kata seperti itu kan sebelumnya ada omongan yang nggak pantas," kata Aryani dihubungi Senin (27/3/2017).

Aryani, sebagai “penyambung lidah Inul”, mengungkapkan sang pedangdut tak ambil pusing atas tudingan serta rencana boikot yang dikumandangkan melalui media-media sosial.

Seperti Diogenes, Inul tampaknya sudah terbiasa dicela dan dituding banyak orang akibat kritik-kritik sinistiknya.

"Oh,nggakapa-apa,nggakmasalah, sudah biasa kok. Itu biasa," ucap Aryani.

 

 

Berita Terkait: