Jajal Singkat Samsung Galaxy Z Flip6: Kok Bagus Sih?

pada 6 hari lalu - by

Uzone.id -Galaxy Unpacked 2024edisi kedua telah usai, Samsung mengenalkan dua jagoannya di segmenfoldable phone. Kami sudah review tipis-tipis Samsung Galaxy Z Fold6, dan sekarang giliran Samsung Galaxy Z Flip6 yang kami ulas setelah mencobanya seharian, sebelum peluncurannya yang berlangsung di Paris, Prancis (10/7).

Sama seperti Z Fold6, kalau melihatnya sekilas, seperti tidak banyak yang berubah padaSamsung Galaxy Z Flip6. Paling sedikit ubahan desain yang terjadi. Namun saat mencobanya langsung, barulah beberapa inovasi baru dari Samsung akan terlihat jelas.

Secara dimensi dan fisiknya, ukurannya gak berbeda jauh dari model tahun lalu, malah nyaris sama. Paling sedikit lebih tipis ketika ponsel ini dilipat dengan ketebalan 14,9 mm berbanding 15,1 mm, namun saat dibuka, tebal bodinya tetap 6,9 mm. 

Bobotnya pun masih sama persis 187 gram seperti pendahulunya. Lalu, apa bedanya?

Sedikit memang ubahan yang diberikan Samsung pada ponsel ini. Pertama,bumpkamera yang lebih menonjol dari sebelumnya, kemudian diberikan detail warna yang disamakan dengan bodi secara keseluruhan.

Setidaknya kalian bisa membedakan, mana Samsung Galaxy Z Flip5 dan mana Galaxy Z Flip6 hanya dengan melihat desain kamera belakangnya.

Kedua, ponsel ini lebih tangguh dari sebelumnya. Kini, Samsung menyertakan rating IP48 yang berarti tahan terhadap air tawar hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit, serta terlindung dari perkakas atau kabel kecil dengan berukuran lebih dari 1 mm. 

Ketiga, pinggiran bodinya dibuat lebih lurus dan simetris. Akan tetapi, sudut-sudut bodi yang dibuat terlalu menyiku, terasa agak tajam ketika berada dalam genggaman.

Dan keempat, pilihan warna yang makin seru. Jujur, Samsung sukses bikin ponseleye-catchingdengan Galaxy Z Flip6. Ada banyak opsinya, Silver Shadow, Yellow, Blue, dan Mint, kemudian Crafted Black dan White untuk eksklusif pembelian secara online di web Samsung.

FlexWindow dilengkapi AI

FlexWindow di Samsung Galaxy Z Flip6 kian atraktif berkat bantuan AI. Memang secara fisik tak ada yang berubah dibanding seri tahun lalu. 

Masih dengan bentuk seperti folder di OS Windows yang memilikicutoutkhusus untuk kamera ganda, berpanel Super AMOLED seluas 3,4 inci dengan resolusi 720 x 748 piksel, dan terbatas padarefresh rate60Hz saja.

Secara spek biasa saja memang, tapi lihat fungsi utamanya. Layar sekecil ini tak bisa difungsikan layaknyacover screenSamsung Galaxy Z Fold6. 

Layarnya digunakan agar kalian sebagai pengguna mendapatkan info cepat dariwidgetyang ada dan mengontrol beberapashortcutatau pengaturan cepat seperti pemutaran musik. Malahan, FlexWindow sekarang didukung AI biar lebih menarik dan personal bagi pengguna.

Misalnya saja AI Wallpaper. Dengan fitur ini, kalian bisa membuat sendiri wallpaper untukcover screensesuai keinginan. Tinggal masuk saja ke pengaturan wallpaper untukcover screen, di situ ada menu untuk membuat wallpaper sendiri berdasarkan AI-generated content (AIGC).

Ada beberapatemplateyang tersedia. Tinggal sesuaikan kata kunci yang ada, kemudian biarkan AI yang bekerja meramu wallpaper untuk kalian.

Yang tak kalah menarik, Photo Ambient yang membuat wallpaper bisa berubah secarareal-timemengikuti waktu dan cuaca. 

Pengguna juga dapat dengan mudah membuat tampilan dan nuansa yang seragam dengan opsi suggested screen layout dengan menganalisis wallpaper yang digunakan, seperti menggerakkan jam dan mengubah warna bingkai untuk memastikan background image tampak menonjol. 

Kemudian ada Suggested Replies. Fitur ini dapat beberapa pesan terakhir yang dikirimkan untuk memberikan pilihan respon yang tepat. Responnya akan sesuai dengan konteks percakapan, tinggal pilih balasan yang tepat untuk dikirim kembali dengan satu ketukan di FlexWindow.

Sedikit bicara tentang layar utamanya, lagi-lagi hampir tidak ada yang berubah pada Samsung Galaxy Z Flip6. Bentangannya masih 6,7 inci dengan resolusi Full HD+ dan aspek rasio 22:9. 

Yang berbeda, dan kami sangat apresiasi adalah jejak lipatan yang makin tak terlihat. Sama seperti Galaxy Z Fold6, material Armor Aluminium pada Samsung Galaxy Z Flip6 juga ditingkatkan lebih baik lagi.

AI selengkap Samsung Galaxy Z Fold6

Gak ada yang salah dengan spesifikasi yang diusung Samsung Galaxy Z Flip6. Mirip dengan Samsung Galaxy Z Fold6, ponsel ini ditenagai Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy yang didukung pula denganvapor chamberuntuk menjaga performanya tetap stabil dan tidakoverheat.

Kapasitas RAM-nya sudah meningkat menjadi 12 GB, dan memori penyimpanannya mulai dari 256 GB dan 512 GB. 

Peningkatannya bukan cuma ganti prosesor, tapi menambah kapasitas baterai juga. Dalam dimensi body yang hampir sama dengan sebelumnya, ponsel ini memiliki baterai 4.000 mAh atau naik 300 mAh dari Z Flip5.

Yang disayangkan, pengisian dayanya masih terbatas padafast charging25W danwireless charging15W.

AI yang bikin ponsel ini kian spesial. Fitur Galaxy AI dismartphoneini sama lengkapnya dengan Galaxy Z Fold6. Ada Sketch to Image, Portrait Studio, opsi Interpreter yang ditampilkan padacover screen, AI Composer, dan sebagainya. 

Pengalamannya juga sama baiknya, meski layar ponsel ini jauh lebih kecil. Seperti Portrait Studio misalnya, dengan mudah kami bisa mengubah wajah dalam foto menjadi animasi atau kartun 3D. 

Demikian pula Interpreter, terjemahan dari bahasa Indonesia ke bahasa asing, ditampilkan dengan baik padacover screen. Lalu Live Translate, sekarang bisa menerjemahkan panggilan telepon pada aplikasi aplikasi pihak ketiga, seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dan Google Duo.

Kameraupgradejadi 50 MP

Samsung tampaknya sudah bosan menyertakan kamera utama 12 MP yang selalu sama, hingga akhirnya memberikan ubahan signifikan pada Samsung Galaxy Z Flip6. Kini, kamera utamanya meningkat jadi 50 MP dengan dukunganoptical image stabilization(OIS) yang lebih mumpuni dari sebelumnya.

Kamera ini disandingkan denganultrawide12 MP dan kamera selfie 10 MP. Seperti Samsung Galaxy Z Fold6, kalian bisa lho selfie dengan kamera belakang, tinggal nyalakanviewfinder-nya padacover screensaja.

Nah, kreativitas mengambil gambar dengan Samsung Galaxy Z Flip6 semakin tak terbatas berkat FlexCam. Ada fitur baru, Auto Zoom yang membuat kamera secara otomatis menemukan framing yang paling tepat dengan mendeteksi subjek dan melakukanzoom indanzoom outsebelum melakukan penyesuaian. 

Lalu Camcorder Grip yang memberikan pengalaman perekaman sepertihandycam. Fitur untuk memperbesar dan memperkecil gambar pun dibuat miriphandycam.

Samsung Galaxy Z Flip6 akan dijual dengan harga Rp17.499.000 untuk 12/256GB dan Rp Rp19.499.000 untuk 12/512GB. Ponsel ini sudah bisa dipesan melalui skemapre-orderpada 10 Juli 2024 mulai pukul 20.00 WIB hingga 30 Juli mendatang.