Jajaran Mobil Hybrid Selamatkan Penjualan Suzuki di Indonesia

pada 7 bulan lalu - by

Uzone.id-Kiprah kendaraan hybrid milik Suzuki terus mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kendaraan yang ramah lingkungan.

Pada bulan Agustus 2023, Suzuki mencatat peningkatan penjualan ritel sebesar 12 persen dibandingkan dengan Juli 2023.

Hal ini turut disumbang oleh kepercayaan pasar terhadap mobil Suzuki khususnya lini kendaraan ramah lingkungan seperti New XL7 Hybrid dan All New Ertiga Hybrid.

 

 

Data penjualan bulan Agustus 2023 membuktikan bahwa penjualan tertinggi segmen passenger Suzuki masih diduduki oleh New XL7 yang berkontribusi sebesar 22 persen dari total penjualan, dimana lebih dari setengahnya merupakan penjualan varian hybrid.

Segmen passenger Suzuki menunjukkan peningkatan penjualan di bulan Agustus. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat bahwa segmen passenger menyumbang 53 persen bagian dari total penjualan Suzuki di bulan Agustus 2023.

Angka ini meningkat jika dibandingkan dengan kontribusi passenger-nya di bulan Juli 2023 yang sebesar 49 persen. Dalam progresivitas di segmen passenger, secara khusus penjualan mobil hybrid juga menunjukkan peningkatan sebesar 15 persen dari penjualan hybrid Suzuki di bulan Juli lalu. 

Selama bulan Agustus, penjualan mobil hybrid berada di angka 38 persen dari total penjualan mobil segmen passenger Suzuki. 

Hal ini dimungkinkan karena semakin banyaknya pilihan kendaraan hybrid Suzuki di tahun 2023, sehingga semakin besar pula peluang masyarakat untuk memilih kendaraan hybrid Suzuki yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya.

Menurut Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales PT SIS, peningkatan penjualan di bulan Agustus ini salah satunya juga dipengaruhi oleh ajang pameran otomotif yang rutin digelar pada bulan tersebut.

“Yang menarik adalah jumlah permintaan masyarakat pada kendaraan hybrid juga meningkat. Suzuki telah menetapkan arah langkahnya untuk menjadi perusahaan yang ramah lingkungan, maka kondisi pasar yang positif turut menjadi angin segar bagi kami,” terang Randy dalam keterangan resminya.

 

 

Penjualan All New Ertiga di bulan Agustus 2023 menunjukkan peningkatan sebesar 25 persen dibandingkan penjualan Juli 2023, dengan akuisisi penjualan sebesar 10 persen dari keseluruhan mobil Suzuki, dan menariknya 58 persen penjualannya adalah model hybrid.

New XL7 secara keseluruhan mengambil bagian penjualan sebesar 22 persen. Angka penjualan XL7 di bulan Agustus meningkat sebesar 23 persen dibandingkan dengan penjualan bulan Juli 2023, dimana 53 persen penjualannya merupakan model hybrid-nya.

Grand Vitara yang juga baru diluncurkan pada awal tahun ini turut menunjukkan peningkatan penjualan yang positif di bulan Agustus yaitu sebesar 46 persen dibandingkan penjualannya di bulan Juli 2023.