Jangan Asal Pencet Y-Shift di Nmax Turbo, Ini Tipsnya Biar Maksimal

pada 1 bulan lalu - by

Uzone.id- Yamaha Nmax Turbo memiliki komponen Yamaha Electric CVT (YECVT) yang dapat meningkatkan akselerasi dibantu dengan Y-Shift. Namun untuk menggunakan Y-Shift, enggak bisa asal pencet saja, berikut tipsnya biar bisa maksimal.

Muhammad Arief selaku TimYamahaRiding Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menyebutkan, Y-Shift dibuat untuk membantu tarikan awal dariNmax Turbo. Menurutnya, akan efektif digunakan di bawah 7.000 rpm atau sebelum VVA (Variable Valve Actuation) menyala.

"Kalau sudah di atas banget, VVA sudah keluar, kurang terasa feeling akselerasinya," ujar Arief di Wonosobo, Jawa Tengah, belum lama ini.

Yamaha Nmax Turbo dibekali dengan dua mode berkendara yakni T-Mode dan S-Mode. Arief berpendapat untuk mendapatkan sensasi turbo dariY-Shiftjuga disarankan memilih mode berkendara S-Mode agar lebih agresif.

Sementara itu, Y-Shift sendiri memiliki tiga tingkatan yakni low (1), medium (2), high (3).

"Jadi ketika di S-Mode, kita mau keluar tikungan terus ingin akselerasi, itu lebih baik langsung pencet Y-Shift. Dia kan ada tiga level, nah itu langsung pencet dengan jarak interval yang jangan terlalu jauh," jelas Arief.

 

 

"Karena kalau misalnya Y-Shift pertama enggak dipencet lagi dan putaran mesin sudah tinggi, maka sudah tidak bisa digunakan lagi. Jadi baiknya digunakan saat putaran mesin masih rendah," ungkapnya.

Hal ini berbeda dengan deselerasi menggunakan Y-Shift, Arief menjelaskan untuk deselerasi bisa diatur sesuai kebutuhan. Sehingga tidak perlu langsung menggunakan 3 level dari Y-Shift ketika ingin deselerasi.

"Misalnya motor masuk jalanan menurun dan mau belok, itu kan bisa dipencet Y-Shift untuk memberikan engine brake. Nah itu lebih bebas, misalnya mau pakai Y-Shift satu, sudah cukup atau belum? Kalau belum pencet lagi Y-Shift dua, kalau sudah cukup deselerasinya yaudah enggak perlu naik ke Y-Shift tiga," pungkasnya.

 

 

Perlu diketahui, cara kerja Y-Shift adalah membuat YECVT bekerja mengubah rasio pulley primer sesuai permintaan pengendara. Setiap 1 level Y-Shift, maka putaran mesin akan meningkat 1.000 rpm baik untuk akselerasi maupun deselerasi.

Sementara YECVT merupakan teknologi baru di Nmax Turbo yang membuat CVT tidak lagi membutuhkan gaya sentrifugal yang dihasilkan dari roller untuk menggerakkan pulley primer. Melainkan menggunakan komponen elektrikal yang diatur oleh Transmission Control Unit (TCU) yang menerima input dari bukaan throttle.