Jangan Lalai, Ketahui 4 Jenis Rambu Lalu Lintas di Jalan Raya

pada 2 hari lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id- Rambu lalu lintas menjadi salah satu pedoman dalam keselamatan berkendara. Dengan menaati rambu lalu lintas, setiap pengendara bisa terhindar dari kecelakaan yang bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Agus Sani selaku Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati menyebutkan saat berkendara di jalan raya bukan hanya mengandalkan skill, tapi juga peraturan rambu lalu lintas. Dirinya pun menghimbau agar semua pengendara dapat selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas di mana pun berada.

“Dengan memperhatikan rambu lalu lintas yang berlaku, pengguna sepeda motor dapat mengantisipasi dan tidak menjadi penyebab terjadi kecelakaan di jalan raya. Terlebih lagi saat ini masih banyak sekali pengguna kendaraan bermotor yang masih melanggar rambu yang berimbas terjadinya masalah di jalan raya,” ujar Agus Sani dalam keterangan resminya.

Berikut terdapat empat jenis rambu lalu lintas yang harus diketahui pengendara:

1.Rambu Peringatan
Rambu jenis ini digunakan untuk memberi peringatan kemungkinan ada bahaya atau tempat berbahaya di depan pengguna jalan. Warna dasar rambu peringatan berwarna kuning dengan lambang atau tulisan berwarna hitam.

 

 

2. Rambu Larangan
Rambu Larangan menunjukkan perbuatan yang dilarang dilakukan oleh pemakai jalan. Warna dasar dari rambu jenis ini adalah berwarna putih dan lambang atau tulisan berwarna hitam atau merah.

3. Rambu Perintah
Rambu ini menyatakan perintah yang harus dilakukan oleh pemakai jalan. Rambu perintah berbentuk bundar berwarna biru dan lambang atau tulisan berwarna putih serta merah untuk garis serong sebagai batas akhir perintah.

 

 

4. Rambu Petunjuk
Rambu petunjuk yang menyatakan tempat fasilitas umum, batas wilayah suatu daerah, situasi jalan, dan rambu berupa kata-kata serta tempat khusus dinyatakan dengan warna dasar biru.

Tidak sedikit kecelakaan dan cekcok antar pengguna kendaraan di jalan dikarenakan kelalaian dalam mematuhi rambu lalu lintas. Kemacetan juga sering disebabkan oleh tidak taatnya rambu lalu lintas yang berlaku.

Di sisi lain, selain menaati rambu lalu lintas, saling menghormati antar pengendara bermotor di jalan rya ajuga menjadi faktor penting untuk menjamin keselamatan berkendara. Tidak lupa juga pentingnya menggunakan perlengkapan berkendara seperti helm, sarung tangan, dan sepatu.