Jangan Sebut Lagi 720p Sebagai Video HD di YouTube

pada 4 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id- Bila menyebut patokan kualitas video High Definiton (HD), maka minimal resolusi adalah 720p. Tapi bagi YouTube hal tersebut tidak berlaku lagi.

Ya, platform berbagi video dari Google itu memutuskan untuk menganggap kualitas video 720p sebagai kategorihigh definition(HD).

Lalu, apakah pilihan 720p akan hilang di YouTube? Oh tidak. Jadi begini, kalau kalian membuka video di situs tersebut, dan memilih kualitas resolusi tetap ada kualitas 720 ini.

Baca juga: Google Akan Dituntut karena Monopoli

Akan tetapi, di angka 720 tidak lagi disematkan inisial ‘HD’ untuk tingkat resolusi tersebut. Artinya kualitas tinggi pada video, hanya terletak pada resolusi 1080p ke atas.

Jadi, seperti dikutip dari Checersaga, Rabu (20/5), bahwa YouTube tidak berhenti menggunakan video 720p dan juga tidak menurunkan kualitas video menjadi 720p. Satu-satunya hal yang dia lakukan adalah berhenti menyebutnya video HD .

Baca juga: Google Akan Tindak Tegas YouTuber Seperti Ferdian Paleka


Google belum menjelaskan mengapa mereka membuat keputusan ini. Kemungkinan besar, karena semakin banyaknya video di YouTube pada resolusi tinggi, dari 1440p (2K) hingga 2160p (4K) dan 4320p (8K).

Resolusi itu Menyebabkan Google membuat keputusan untuk berhenti mempertimbangkan video 720p sebagai definisi tinggi , dengan mempertimbangkan akun bahwa video 4K, misalnya, memiliki piksel sembilan kali lebih besar.