Jelang Libur Lebaran, XL Tingkatkan Layanan Data

pada 3 tahun lalu - by

Foto: dok. XL Axiata

Uzone.id-- Menghadapi musim libur panjang yang semakin dekat, XL Axiata melakukan peningkatan terhadap pelayanan jaringan. Libur Lebaran memang menjadi salah satu masa di mana penggunaan layanan telekomunikasi mengalami peningkatan.

Tercatat penggunaan layanan telekomunikasi dan data pada 2020 mengalami peningkatan yang cukup signifikan, mencapai 25 persen. Dari jenis layanan, kenaikan tertinggi berasal dari akses layananinstant messaging, video call, video conference, jejaring sosial, danstreaminggame, musik, maupun film.

Memiliki 56,02 juta pelanggan, XL mengaku telah mempersiapkan jaringan yang meliputi peningkatan kapasitas hingga dua kali lipat dari kondisi hari biasa, dan optimisasi di area-area pemukiman serta lokasi tujuan wisata. Adapun peningkatan kualitas jaringan dilakukan di sepanjang jalur transportasi darat di Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

Baca juga:XL Prediksi Kemungkinan Konsolidasi Operator

XL juga mengerahkan sekitar 40 unit Mobile BTS (MBTS) di berbagai lokasi yang diprediksi akan mengalami lonjakan dan kepadatan trafik. Sebanyak 800 titik lokasi yang menjadi pusat mobilitas masyarakat juga telah diidentifikasi sebagai bagian dari optimasi jaringan.

“Jauh-jauh hari kami sudah menyiapkan secara cermat jaringan telekomunikasi dan data untuk kebutuhan Lebaran ini. Meskipun ada larangan mudik, namun trafik kemungkinan tetap akan naik secara signifikan seperti Lebaran tahun lalu,” kata I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata dari pernyataannya yang diterimaUzone.id.

Darmayusa juga mengatakan bahwa layananstreamingvideo atau musik,instant messenger, game, dan media sosial akan mendominasi penyebab naiknya trafik telekomunikasi. Apalagivideo conferenceatauvideo callyang menjadi sarana silaturahmi online akibat adanya larangan mudik ke kampung halaman.

Baca juga:Pandemi 2020, XL Catat Pendapatan Rp26 Triliun

Tak hanya itu saja, persiapan lainnya berupa pengaturan trafik internet ke arahupstreamarah Malaysia dan Australia menjadi 1,5x dan menggunakan 2exchangeSingapura dan Australia. Kualitas jaringan di semua wilayah layanan juga menjadi fokus XL agar kebutuhan pelanggan atas layanan telekomunikasi dan data tetap terpenuhi secara maksimal.

Rekayasa pengalihan atau pemecahan trafik juga masuk pada persiapan XL dalam menghadapi masa libur panjang ini. Persiapan ini dilakukan jika terjadi kepadatan di suatu area agar lonjakan trafik tidak menyebabkan penurunan kualitas layanan.

Persiapan lainnya juga merupakan antisipasi jika adanya kejadian-kejadian diluar dugaan seperti banjir, gempa bumi, dan sebagainya yang sifatnya bencana alam atau juga karena faktor teknis yang berpotensi memutuskan jaringan. XL menyiapkan pelayanan 24 jam selama masa libur panjang ini, dan tim yang memantau kondisi jaringan diseluruh wilayah layanan melalui pusat monitoring di kantor pusat Jakarta.