Jelang Liburan, Apa yang Harus Dicek di Mobil Agar Perjalanan Nyaman?

pada 5 bulan lalu - by

Uzone.idMusim liburanNatal dan Tahun Baru sebentar lagi. Karenanya, saat ini jadi momen yang tepat untuk mempersiapkan mobil sebelum dipakai liburan agar tetap aman dan nyaman.

Dengan memastikan kendaraan dalam kondisi optimal, kalian bisa mencegah potensi masalah teknis yang dapat mengganggu kenyamanan perjalanan. 

Untuk memastikan keamanan dan keselamatan seluruh anggota keluarga, ada baiknya kalian melakukanpemeriksaan kendaraansecara menyeluruh, apalagi jika akan digunakan untuk road trip atau perjalanan jauh. Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan meliputi:

Kondisi dan Kelayakan Mesin untuk Memastikan Performa Kendaraan Optimal

Pastikan mesin berfungsi dengan baik dengan cekkondisi mesinsecara menyeluruh. Komponen yang perlu dicek salah satunya adalah oli dengan melihat tingkat keenceran, besaran volume oli dengan bantuan dipstick oli.

Periksa level oli ada pada sekitar pertengahan titik maksimum dan minimum.

Kondisi Kelistrikan untuk Mendukung Kenyamanan Perjalanan 

Bagian kelistrikan menjadi hal penting yang harus dicek dan dirawat sedemikian rupa. Pasalnya, kondisi kelistrikan dapat memengaruhikinerja komponendan fitur kendaraan lain, mulai dari lampu, sistem entertainment, hingga sistem starter.

Pentingnya kinerja kelistrikan yang prima membuat aki mobil perlu dicek, termasuk volume dari air aki.

Kondisi Ban dan Rem untuk Menjamin Keselamatan Diri dan Keluarga

Musim liburanbiasa dihabiskan dengan pergi ke luar kota. Nah, selama perjalanan jauh ini, rem mobil akan sering digunakan dan dapat mengalami aus berlebih karena beban kerja yang lebih berat.

Karenanya, penting untuk cek kampas, rotor, hingga minyak rem dan melakukan penggantian bila diperlukan. Cek juga tekanan ban dengan mengacu pada panduan di sela pintu pengemudi.

Pastikan ban masih jauh dari Tread Wear Indicator (TWI) yang tersedia pada beberapa jenis ban.

Kondisi Kaki-kaki untuk Menjaga Pengalaman Berkendara

Saat melakukan perjalanan selamaliburan, ada baiknya kita bersiap untuk menghadapi berbagai kondisi jalan. Pastikan juga komponen kaki-kaki lain tidak menimbulkan suara berlebih.

Jika diperlukan, lakukan spooring and alignment agar roda dan kaki-kaki tetap aman dan nyaman untuk berkendara.

Ketersediaan Perlengkapan Darurat untuk Mengantisipasi Situasi di Luar Dugaan

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selamaperjalanan liburan, pastikan kalian menyimpan berbagai perlengkapan darurat di dalam kendaraan, baik untuk mengantisipasi kondisi tidak mengenakkan terhadap kendaraan maupun anggota keluarga.

Beberapa perlengkapan darurat yang perlu tersedia di antaranya adalah segitiga pengaman, perangkat pemadam api, dan P3K.

Pentingnya Memilih Kendaraan dengan Fitur Keselamatan Terdepan

Selain persiapan fisik kendaraan seperti di atas, fitur keselamatan pada mobil juga berperan penting untuk menjaga keamanan keluarga.

Tak heran jika berbagai produsen mobil menawarkan berbagai fitur keselamatan modern terbaik.