Jokowi Bantah Wacana Pertelite Dibatasi Mulai 1 Oktober 2024

pada 3 hari lalu - by

Uzone.id-Beberapa waktu terakhir muncul rumor panaswacana pembatasan BBM subsidi, salah satunya Pertalite. Namun, kabar tersebut segera dibantahPresiden Joko Widodo.

Jokowi buka suara soal rencana pemerintah membatasi pembelian BBM subsidi sepertiPertalitemulai 1 Oktober mendatang. Dia memastikan, hingga kini belum ada keputusan terkait wacana tersebut.

 

 

Bahkan, Jokowi juga menegaskan, belum ada rapat yang membahas soal pembatasan pembelian Pertalite di Indonesia.

"Saya kira kita masih dalam proses sosialisasi, kita akan melihat di lapangan seperti apa, belum ada keputusan. Belum ada rapat," ujar Jokowi, dikutip dariAntara.

Jokowi menjelaskan wacana pembatasan pembelian BBM subsidi muncul dari keinginan menyelesaikan masalah polusi udara di Jakarta. Selain itu, menurutnya, hal tersebut juga demi efisiensi APBN.

"Ini berkaitan nanti ya, utamanya di Jakarta dengan polusi. Yang kedua kita juga ingin agar ada efisiensi di APBN kita, terutama untuk yang 2025," ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia menyebut pembatasan pembelian BBM bersubsidi baru akan dilaksanakan setelah adanya penetapan Peraturan Menteri (Permen).

Dia membenarkan bahwa kemungkinan pelaksanaan pembatasan pembelian BBM bersubsidi akan terlaksana pada 1 Oktober 2024.

 

 

Menurutnya, saat ini yang dilakukan Pemerintah adalah membahas waktu yang tepat untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

"Kan ada waktu untuk sosialisasi, nah waktu sosialisasi ini yang sekarang saya lagi bahas," katanya.

Bahlil mengatakan nantinya peraturan terkait pembelian BBM bersubsidi akan diatur dalam Permen ESDM bukan lagi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM yang saat ini sedang proses revisi.