K-Popedia: K-Pop Dance Cover, Media Fans untuk Menyalurkan Hobi Menari

pada 6 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Bagi para penggemar K-Pop, istilah K-Popdance covermungkin sudah tak asing lagi. Sebutan K-PopDance Coverdigunakan untuk satu orang atau satu tim yang sering menirukan tarian dan koreografi para artis K-Pop.

Kegiatan K-Popdance coverbiasanya terinspirasi dari kecintaan dan ketertarikan para penggemar pada koreografi dan musik idola K-Pop.

Seakan tak cukup hanya dengan menikmati penampilan artis-artis K-Pop favorit di atas panggung, banyak penggemar kemudian terinspirasi untuk meniru koreografi yang disuguhkan oleh sang idola.

Bukan hanya dari sisi koreografi, biasanya orang yang melakukandance coverjuga akan berusaha memaksimalkan penampilan mereka dengan kostum atau gaya fashion layaknya sang idola.

Berkat kegiatan ini mereka kemudian membentuk sebuah komunitas yang beranggotakan orang-orang yang memilikipassionyang sama.

Bukan hanya para penggemar, beberapa komunitas atau akademi tari juga mulai banyak membuka kelas K-Popdance.

via GIPHY

Indonesia juga memiliki banyak K-Popdance coveryang berbakat. Komunitas K-Popdance coverini terbentuk dengan alasan yang berbeda-beda. Mulai dari sekedar mengisi waktu luang hingga terinspirasi dari komunitas atau akademi tari internasional yang sering membuatcoverkoreografi dan penampilan sang idola.

Beberapa komunitas punya anggota yang memiliki latar belakang, pekerjaan dan umur yang berbeda-beda. Orang awam biasanya akan menganggap bahwa komunitas K-Popdance coverbiasanya diisi oleh remaja-remaja yang tak memiliki banyak kegiatan. 

Namun, pandangan tersebut tak selamanya benar, pasalnya banyak juga tim K-Popdance coveryang sudah dewasa dalam segi umur. Tak hanya itu, orang-orang yang bergabung dalam kelompok tersbut merupakan para pekerja yang memiliki karier sendiri, terlepas dari kegiatan mereka sebagai anggota komunitas K-Popdance cover

via GIPHY

Kecintaan terhadap idola dan hobi meng-covertarian mereka bisa membawa hiburan dan kesenangan tersendiri. Tak hanya itu beberapa komunitas bahkan ada juga menghasilkan keuntungan dengan mengikuti ajang kompetisidance cover.

Maka jangan heran, bila banyak K-Popdance coverasal Indonesia yang mampu menorehkan prestasi baik di secara nasional maupun internasional. Berkat keseriusan mereka mendalamin kegiatan tersebut, beberapa komunitas bahkan ada yang memperoleh kehormatan dengan tampil di acara musik K-Pop terbesar di Indonesia dan luar negeri.

Tim lainnya bahkan ada yang mampu bersaing dengan tim K-Popdance coverinternasional dan berkesempatan tampil di Korea Selatan. Prestasi ini tentunya membuktikan bahwa para fans K-Pop juga bisa mengembangkan diri dan bakat dengan berbagai cara. Salah satunya lewat kegiatandance coverini.