Kabupaten Bandung akan Tambah Destinasi Wisata

pada 7 tahun lalu - by

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bandung akan memprioritaskan pengembangan destinasi wisata di wilayah Pangalengan, Curug Cinulang, Cicalengka dan Pasir Jambu, Ciwidey dan Rancabali (Pacira).

"Kita mendorong juga agar wisatawan bisa tinggal lebih lama di destinasi wisata di Kabupaten Bandung. Hotel pun relatif sudah tersedia," ujar Kepala Bidang Pariwisata Kabupaten Bandung, Rully Jaya Permana kepada wartawan, Senin (30/1).

Menurutnya, pengembangan destinasi wisata akan bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum di tingkat Kabupaten, Provinsi dan Kementerian serta BUMN. Terutama terkait dengan akses jalan menuju lokasi wisata.

Rully mengatakan, pelebaran jalan ke lokasi destinasi wisata bukan menjadi solusi yang tepat. Sehingga, dirinya mengusulkan agar dibangun jalan baru di sepanjang jalur destinasi wisata di Ciwidey.

"Pengendara sekarang untuk sadar lalu lintas kecil, kalau dilebarkan bukan solusi tapi dibuat jalan baru. Lahannya yang statusnya bukan berada di hutan lindung," ungkapnya.

Ia menuturkan, pihaknya juga ingin membangun destinasi wisata baru. Namun, saat ini masih dilakukan kajian bentuk destinasi baru yang bisa bertahan lama. Saat ini jumlah destinasi di Kabupaten Bandung mencapai 64 titik.

Dirinya mengatakan saat ini tengah berkoordinasi dengan pelaku usaha tentang destinasi wisata. Harapannya para wisatawan bisa tinggal lebih lama di Kabupaten Bandung.

Rully menambahkan tahun ini akan melakukan kajian tentang rencana induk pembangunan wisata di Kabupaten Bandung untuk kurun waktu 10 tahun ke depan. Dimana, melibatkan semua pelaku usaha Pariwisata.