Kamboja Siap Produksi dan Jual Mobil Murah Nasional, Indonesia Kapan?

pada 3 bulan lalu - by

Uzone.id-Kamboja selangkah lebih maju ketimbang Indonesia dalam konteks kesiapan industri mobil nasionalnya. Merek nasional Kamboja,GTV Motormengumumkan siap melakukan produksi dan penjualan mobil-mobil buatannya.

GTV Motor merupakanmerek otomotif asal Kambojayang bakal melakukan perakitan mobil di dalam negeri sekaligus menjualnya.

 

 

GTV Motor sendiri awalnya dibangun untuk pabrik perakitan sekaligus ekspor untukVolkswagendi kawasan Asia Tenggara. Namun di Kamboja, mereka menggunakan merek sendiri yaitu GTV Motor.

Sebagai awalan, perusahaan bakal fokus memproduksi lima model mobil dengan harga terjangkau yang dipercaya bisa memenuhi keinginan konsumen di pasar domestik Kamboja.

"Fokus pada pengembangan merek Kamboja," jelas Chief Financial Officer and Deputy General Manager GTV Motor Co Ltd, Soy Benlyly.

Soy juga menyebut pabrik baru ini bakal memberikan kontribusi bagi industri alat berat Kamboja yang sejalan dengan peta jalan Pemerintah Kerajaan untuk pengembangan sektor otomotif dan elektronik Kamboja.

"Merek independen Kamboja ini akan memainkan peran penting di industri sekaligus mempromosikan perkembangan industri manufaktur sekaligus rantai industri Kamboja ke tingkat yang lebih tinggi," tuturnya lagi.

Permintaan mobil baru di Kamboja tercatat meningkat signifikan dalam satu dekade terakhir. Hal itu terlihat dari data registrasi kendaraan pada periode sebelumnya.

DiberitakanKhmer Times, perusahaan tersebut mengumumkan investasi untuk pabrik perakitan mobil di National Road 2, distrik Kandal Steung, Provinsi Kandal.

Pabrik itu memiliki kapasitas hingga 35.000 unit setiap tahunnya. Berdasarkan keterangan perusahaan, pabrikan ini siap memulai produksi pertama pada awal tahun 2024.

 

 

Untuk produksi pertama, GTV Motor menargetkan pasar domestik Kamboja ketimbang melakukan ekspor. Hal ini dilakukan menyusul tingginya permintaan di pasar domestik Kamboja akan mobil baru.

Rencananya, perusahaan bakal menurunkan harga mobil tanpa menganggap sebelah mata soal kualitas mobil.

Ada beberapa jenis mobil yang bakal diluncurkan mulai dari MPV hingga SUV dengan harga paling murah setara dengan Rp316 jutaan sampai yang termahal setara dengan Rp601 jutaan.