Kamera Smartphone Bisa Rusak Total Saat Rekam Momen Konser?

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -Rasanya sudah menjadi hal yang lumrah saat konser berlangsung banyak orang mengabadikan momen musisi favorit menggunakan kamerasmartphone. Tapi mulai sekarang, sebaiknya waspada dengan laser yang jadi bagian acara musik, karena bisa saja merusak sensor kamera kalian.

Dikutip dariPetaPixel, seorang penggemar musik yang mengikuti pertunjukkanrapperGeolier di teater Palapartenope di Naples, Italia pada 19 April 2023 lalu, terpaksa pulang dengan kondisi kamerasmartphoneyang rusak.

Dari video yang tersebar di YouTube, sang musisi terlihat sedang beraksi dikelilingi banyak orang yang mengarahkan kamera ponsel ke atas panggung. 

Tiba-tiba dari arah panggung muncul laser yang bergerak vertikal secara agresif. Beberapa kali, laser yang jadi bagian konser Geolier pun bergerak cepat ke kiri dan ke kanan.

Banyak orang yang tak sadar sinar laser itu mengenai kamerasmartphonemereka. Setelah kamera menangkap sinar laser, dalam hitungan milidetik layar ponsel langsung dipenuhi oleh garis hitam.

Garis ini merusak gambar. Malahan, gambar benar-benar menjadi buram akibat garis statis warna hitam yang memenuhi sebagian besar layar. 

Untuk memeriksa kerusakan, ia sempat mengarahkan kameranya ke spot lain. Nahas, kameranya tetap rusak akibat paparan laser yang bergerak cepat tersebut. 

Belum diketahui tentang siapa pemilik kamera ini, tapi tampaknya sensor kamera mengalami kerusakan fatal yang tidak bisa diperbaiki.

Laser di konser bisa rusak kamerasmartphone

Hal ini bukanlah bug pada hardware kamera. Bukan juga karenabuild quality smartphonejelek. Sony pada tahun 2021 pernah merilis peringatan kalau memang laser bisa menimbulkan kerusakan di sensor kamera.

“Jangan memaparkan lensa secara langsung ke sinar seperti laser. Ini dapat menyebabkan kerusakan pada sensor gambar dan menyebabkan kamera tidak berfungsi,” jelas Sony dalam situs resminya.

“Catatan: Di lingkungan luar atau dalam ruangan ketika ada tampilan laser, kecenderungan kerusakan langsung atau tidak langsung (pantulan sinar laser dari objek reflektif) pada sensor CMOS kamera masih sangat tinggi,” sambung Sony.

Bukan kamerasmartphonesaja lho.PetaPixelsebelumnya melaporkan kalau sinar laser juga sempat membuat kamera DSLR Canon 5D Mark II rusak pada tahun 2010 silam.