Kapan Hari yang Tepat untuk Kirim Email Pemasaran?

pada 7 tahun lalu - by

Apakah kamu sudah menggunakanemailpemasaran untuk mempromosikan suatu merek? Banyak orang yang telah memakaitool email pemasaran terbaik dengan strategi sedemikian rupa. Akan tetapi, semua itu gagal hanya karena waktu pengirimanemailyang tidak tepat. Kamu sudah bersusah payah membuatemail pemasaran, namun tidak ada pelanggan yang membukanya. Terdengar sangat menyedihkan.

Waktu pengirimanemailmungkin terdengar sepele. Namun waktu pengiriman yang tepat sebenarnya dapat membuatemail kamu menjadi lebih efektif.

Jadi, kapankah hari yang tepat untuk mengirimkan email pemasaran?


Senin

Sebagai hari yang memulai awal minggu, hari Senin adalah hari paling sibuk. Mengirimkan emailpemasaran pada hari Senin sangatlah tidak tepat. Rata-rata orang memiliki kebiasaan untuk “membersihkan” Inbox dariemail yang tidak diinginkan pada minggu sebelumnya. Kemudian biasanya mereka akan terburu-buru dalam memprioritaskanemail mana yang penting untuk pekerjaan mereka dalam minggu ini.

Jadi, jangan berharapemail kamu akan tetap bertengger cantik di Inbox para pelanggan. Sebaliknya, besar kemungkinanemailakan dihapus karena tidak berhubungan dengan pekerjaan mereka.

Kamu dapat mengirimkan email pemasaran pada hari Senin, jika ternyata target kamu tidak mengikuti jam kantor pada umumnya—atau jika kamu memiliki nyali yang besar dan sangat yakin bahwaemail kamu akan mencuri perhatian di antara deretanemail lainnya. Siapa tahu para pelanggan tertarik membukaemaildari kamu, ketika mereka sedang membersihkan Inbox.

Selasa

Hari produktif dalam seminggu biasanya antara hari Selasa hingga Kamis. Pelanggan sudah memiliki lebih banyak waktu dalam mengelolaemail, karena Inbox sudah mulai bersih. Ada kemungkinan pelanggan membukaemail pemasaran yang kamu kirimkan.

Rabu

Berdasarkanpenelitian, Rabu adalah hari denganopen rate terbesar kedua dalam seminggu, karena para pelanggan sudah mulai membuat rencana untuk kegiatan mereka di akhir pekan. Inilah kesempatan yang baik untuk memberikan penawaran kepada pelangganmu.

Kamis

Di antara seluruh hari dalam seminggu, Kamis adalah juaranya! Kamis merupakan hari terbaik untuk mengirimkan email pemasaran.

Di hari ini, rata-rata orang merencanakan bagaimana mereka akan menghabiskan akhir pekannya. Akan tetapi, sisi negatifnya adalah banyaknya emailpemasaran yang dikirimkan pada hari ini, sehingga persaingan kamu dengan para kompetitor lebih besar.

Jumat

Sumber:Unsplash

Hari Jumat adalah hari dengan jumlah pengiriman yang tinggi. Namun, hanya sedikitemail yang dibuka karena Jumat sudah terlalu dekat dengan akhir pekan. Dengan kata lain, semakin mendekati akhir pekan, maka semakin sedikit orang yang membuka email.

Sah-sah saja jika kamu ingin mencoba peruntungan dengan mengirimkan email pada hari Jumat. Siapa tahu ada beberapa pelanggan kamu yang masih merasa bingung untuk menentukan bagaimana mereka akan menghabiskan akhir pekan pada menit-menit terakhir.

Akhir pekan

Pada hari Sabtu dan Minggu, jumlah pengguna yang membacaemailjauh lebih sedikit. Tapi jika para pelanggan membukaemail,maka mereka akan benar-benar memperhatikanemailyang masuk, karena mereka memiliki lebih banyak waktu untuk membacanya. Jika target pasar kamu adalah keluarga, maka mengirimkanemail di akhir pekan bisa menjadi opsi yang menarik.


Menurut kamu, hari apa yang tepat untuk mengirimkan email pemasaran? Apa kata data di dashboard analytics kamu selama seminggu, atau bahkan sebulan?

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan diBlog MailTarget. Isi di dalamnya telah disesuaikan denganstandar editorial Tech in Asia Indonesia; Diedit olehSepta Mellina; Sumber gambar:Justify Digital)

The postKapankah Hari yang Tepat untuk MengirimkanEmailPemasaran?appeared first onTech in Asia Indonesia.