Katanya Wajib Kendaraan Listrik, Kok Jokowi Pakai Motor Karbu di IKN?

pada 1 bulan lalu - by

Uzone.id- Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo baru-baru ini mengunjungi pembangunan jalan tol di Ibu Kota Nusantara (IKN) menggunakan sepeda motor. Tapi, alih-alih menggunakan motor yang ramah lingkungan, orang nomor satu di RI itu justru menggunakan Kawasaki W175 di Ibu Kota baru yang sedang dibangun.

Jokowi, sapaan akrabnya, diketahui menggunakan motor customKawasaki W175saat kunjungan pembangunan jalan tol diIKN. Hal ini diketahui lewat unggahan foto dan video Instagram resmi Jokowi selama beberapa hari ini.

"Uji coba jalan tol IKN menggunakan sepeda motor bersama dengan Ibu Iriana, para menteri, dan influencer, sekaligus melintasi Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan akses IKN dan Balikpapan. Ini menjadi salah satu bentuk kemajuan pembangunan ibu kota baru yang terus berjalan dengan kepastian. Malam ditutup dengan meninjau perkembangan sejumlah lokasi, dan diskusi sambil menyantap kuliner bersama para menteri, tokoh, dan influencer, untuk rayakan kemajuan dan kebersamaan," bunyi keterangan Instagram Jokowi, Senin (29/7).

Kawasaki W175 merupakan motor yang memiliki nuansa retro yang menggunakan mesin pembakaran internal. Bahkan motor ini tidak menggunakan sistem injeksi yang lebih rendah emisi, melainkan menggunakan sistem karburator.

Padahal beberapa waktu lalu, Jokowi menginginkan kendaraan yang beroperasi di IKN bebas dari gas buang emisi. Hal ini disampaikannya dalam kuliah umum di Universitas Georgetown, Washington DC.

"Nusantara new capital city ini konsepnya adalah smart forest city, kota modern yang ramah lingkungan, 70 persen adalah kawasan hijau," ujar Jokowi seperti dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden.

 

 

Jokowi juga menginginkan, transportasi di IKN Nusantara nantinya adalah mobil ramah lingkungan. Menurutnya, kendaraan listrik akan menjadi transportasi utama di Ibu kota baru Indonesia.

"80 persen akan menggunakan transportasi publik kendaraan listrik dan penghuninya 100 persen harus menggunakan kendaraan listrik. Sehingga nanti akan menjadi kota yang betul-betul hijau yang layak untuk dihuni bersama-sama," jelasnya.

 

 

Kawasaki W175 masih dibekali mesin 177 cc, 1-silinder, 4-tak, SOHC, berpendingin cairan, karburator. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 13 PS di 7.500 rpm dan torsi 13,2 Nm di 6.000 rpm.

Perihal harga, motor ini dibanderol dengan harga Rp34,6 juta untuk varian W175 SE dan Rp35,9 juta untuk varian Cafe. harga tersebut merupakan patokan untuk on the road DKI Jakarta.