Kawasaki Patenkan Mesin Hybrid 2 Tak 4 Silinder dengan Supercharger

pada 4 tahun lalu - by

Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id

Uzone.id- Mesin dua langkah rupanya belum tamat di industri otomotif.

Pasalnya, Kawasaki sudah mengajukan paten ke kantor paten di Jepang untuk desain powertrain seri hybrid yang terdiri dari mesin pembakaran 2 tak dengan motor listrik, seperti dilansir dariRushlane.

Motor listrik yang terhubung akan memberi daya tambahan pada roda. Biasanya, mesin pembakaran daya rendah dipakai untuk mengisi ulang baterai, yang membantu kendaraan untuk lebih jauh lagi berjalan.

Namun, gagasan Kawasaki berbeda, karena mesinnya akan menjadi unit bertenaga tinggi.

BACA JUGA:Toyota Corolla Cross Resmi Dirilis, Berikut Spesifikasi dan Harga

Saat berjalan pada kecepatan optimal, mesin bisa mencapai efisiensi yang signifikan serta emisinya pun rendah.

Dalam desainnya, Kawasaki telah memperkenalkan beberapa inovasi pada mesin dua langkah standar.

Mesin dengan kinerja 2 tak biasanya dianggap boros bahan bakar dan buruk bagi lingkungan karena mengeluarkan emisi karbon yang tinggi.

Dalam mesin dua langkah standar, ada port di dinding silinder. Mesin dua langkah Kawasaki ini juga dilengkapi dengancamshafts double overhead.

Perubahan lainnya adalah Kawasaki telah memakaicrankshaft cross-planesebagai ganticrankshaft flat-plane.

Tanpa itu, kedua silinder akan menyala secara bersamaan, menghasilkan terlalu banyak getaran dan menciptakan tekanan tambahan pada mesin.

Di setiap ujung poros engkol, ada generator listrik, bukan kopling dan gearbox konvensional.

Daya akan disimpan dalam baterai kecil atau bahkan beberapa kapasitor super bisa dipakai. Daya akan disuplai ke motor listrik yang menjalankan roda belakang. Sistem hybrid bisa mencapai efisiensi sekitar 50 persen.

Menurut para ahli, efisiensi bahkan bisa mencapai 60 persen - 70 persen.

Jika itu terjadi, mesin dua langkah baru Kawasaki bisa dinilai setara dengan powertrain listrik murni.

 

VIDEO Test Drive Suzuki Baleno Facelift, Obat Awet Muda