Kedatangan Tim Cook, Netizen Kompak Nagih Apple Store di Indonesia

pada 13 hari lalu - by

Uzone.idTim Cooksudah tiba di Indonesia semenjak Selasa malam, (16/04), kedatangannya ditandai dengan unggahan fotoCEO Appletersebut di salah satu restoran Indonesia.

Dalam sebuah postingan yang diunggah di akun X,Tim Cookmenyapa netizen Indonesia dengan sapaan Bahasa Indonesia, sekaligus dengan hidangan Sate Ayam di depannya.

Halo Indonesia, apa kabar?Sate Ayam dan fotografer iPhone, Sofyan Pratama adalah cara yang sempurna untuk memulai waktu saya di Jakarta! Tak sabar untuk bertemu lebih banyak komunitas dan developer kreatif Indonesia selama saya berada di sini,” tulisnya.

 

 

Cuitan ini tentunya disambut meriah netizen Indonesia, khususnya Apple Fanboy. Ada yang menyambut kedatangan Cook, ada yang mengajaknya mampir ke kota lain, tapi kebanyakan meminta Cook untuk membuka Apple Store di Indonesia.

Yup, unggahan ini jadi ajang ‘nagih’ kehadiran Apple Store di Indonesia yang sudah ditunggu-tunggu semenjak lama. 

 

 

Permintaan netizen Indonesia soal Apple Store ini memang perlu dimaklumi, soalnya Indonesia belum punya Apple Store sendiri dan hingga saat ini mengandalkan pihak ketiga untuk berbelanja perangkat mereka. 

Permintaan ini juga jadi bentuk patah hati warga Indonesia karena negara tetangga seperti Thailand, Malaysia dan Singapura sudah punya Apple Store sendiri.

Padahal jumlah Apple Fanboy di tanah air terbilang cukup banyak. Pada akhir 2022 lalu saja pangsa Apple di pasar smartphone Indonesia mencapai 10,61 persen di bawah Oppo, Samsung, Xiaomi, dan Vivo.

Namun alih-alih membuka toko resminya di Indonesia, Apple justru akan membuka Apple Store ketiganya di Asia Tenggara di Malaysia. Hal ini pertama diketahui dari pengumuman lowongan kerja untuk Apple Store di situs resmi mereka.

“Apple telah mulai mempekerjakan karyawan untuk mendorong ritel ke Malaysia, bersiap untuk membawa jaringannya ke negara Asia untuk pertama kalinya,” lapor Bloomberg, dikutip Uzone.id tahun lalu.

Walau sampai sekarang belum diresmikan, tapi tetap saja sudah ada hilal kalau Malaysia akan jadi negara ketiga yang punya Apple Store di Asia Tenggara. 

 

 

Flashback sedikit, Apple Store pertama dibuka mendiang Steve Jobs pada 2001 silam. Sempat menuai komentar miring saat pertama kali didirikan, Apple Store kini menjadi toko ritel paling menguntungkan di dunia. Hingga saat ini, Apple Store sudah memiliki 510 cabang di seluruh dunia.

Kedatangan Tim Cook ke Indonesia adalah untuk bertemu dengan Presiden Jokowi pada 17 April, dan dilanjut dengan peresmian Apple Developer Academy terbaru di Bali. Selain dua agenda tadi, Menteri Kominfo Budi Arie menyebut akan ada kejutan termasuk kemungkinan adanya investasi yang signifikan oleh perusahaan tersebut.

Semoga saja dengan kehadiran Tim Cook ke tanah air bisa meluluhkan hati sang CEO untuk membuka Apple Store di Indonesia.