Kejutan Apple: iPad Mini Baru Pakai Chip A17 Pro dan Bisa Pencil Pro

pada dalam 2 jam - by
Advertising
Advertising

Uzone.id– Apple membuat kejutan dengan mengumumkan iPad mini baru yang sudah ditenagai chip A17 Pro, serta dukungan Pencil Pro yang membuatnya dapat menjadi buku sketsa bagi penggunanya.

Dengan chip A17 Pro, iPad mini ini memiliki CPU dan GPU lebih cepat, Neural Engine dua kali lebih cepat dari versi sebelumnya. Layar iPad mini sendiri menggunakan Liquid Retina berukuran 8,3 inci resolusi 2.266 x 1.488 pixel dan kerapatan 326ppi, serta kecerahan mencapai 500 nits.

“iPad mini memikat banyak pengguna dan telah dibuat untuk Apple Intelligence, yang menghadirkan beragam fitur cerdas baru yang andal, personal, dan privat,” tutur Bob Borchers, Vice President of Product Marketing Apple dalam keterangannya.

Ia melanjutkan, “dengan chip A17 Pro, konektivitas yang lebih cepat, dan dukungan untuk Apple Pencil Pro, iPad mini baru menghadirkan pengalaman iPad seutuhnya dalam desain paling portabel dan harga luar biasa hemat.”

Chip A17 Pro yang diusung iPad mini membawa CPU 6-core yang performanya meningkat sebesar 30 persen. Pun begitu dengan performa grafisnya, Apple membawa GPU 5-core yang ditingkatkan 25 persen dibandingkan iPad mini versi sebelumnya.

iPad mini baru menghadirkan game yang realistis dengan ray tracing yang dipercepat oleh perangkat keras, menjadi 4x lebih cepat dibandingkan ray tracing berbasis perangkat lunak, serta dukungan untuk Dynamic Caching dan mesh shading yang didukung perangkat keras.

 

 

Artinya, pengguna dapat memainkan game AAA seperti ‘Zenless Zone Zero’ dengan grafis maksimal.

Apple tak lupa melengkapi iPad mini baru dengan kamera belakang 12 MP Smart HDR 4 untuk mendukung hasil jepretan foto semakin alami.

Dibandingkan iPad mini generasi lama, iPad mini baru ini dibekali Apple Intelligence lengkap dengan sistem iPadOS 18.1. Tandanya, pengguna juga kini bisa menggunakan kalkulator versi lebih canggih yang mendukung fungsi matematika lebih luas, rekaman audio dan transkripsi, hingga kustomisasi Control Center.

Banyak mode yang mendukung fitur Apple Intelligence, seperti Siri yang semakin pintar dalam memahami ucapan pengguna yang salah ucap ataupun terbata-bata, hingga pemahaman bahasa yang lebih luas.

Dukungan Pencil Pro

About time.iPad mini kini tak hanya menonjolkan portabilitas yang mudah dibawa ke mana-mana, namun juga berkat Pencil Pro perangkat ini dapat memenuhi kebutuhan kreativitas pengguna.

Apple menargetkan iPad mini dapat menjadi buku sketsa yang dapat dibawa ke mana saja, mengingat Pencil Pro dapat dimanfaatkan untuk menggambar, membuat desain, hingga menuis jurnal, serta dukungan kemampuan Smart Script.

Tak lupa iPad mini baru mendukung Wi-Fi 6E, yang menghadirkan performa hingga dua kali lipat lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya, sehingga pengguna dapat mengunduh file, bermain game online, dan streaming film lebih cepat.

 

 

iPad mini 2024 hadir dalam tiga opsi memori internal, yakni 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Apple menyediakan sejumlah varian warna seperticharcoal gray, light violet, denim, dansage.

Berikut rincian harga iPad mini 2024:

Versi 128 GB

  • WiFi Only: USD499 (sekitar Rp7,7 juta)
  • WiFi + Cellular: USD649 (sekitar Rp10 juta)

Versi 256 GB

  • WiFi Only: USD599 (sekitar Rp9,3 juta)
  • WiFi + Cellular: USD749 (sekitar Rp11,6 juta)

Versi 512 GB

  • WiFi Only: USD799 (sekitar Rp12,4 juta)
  • WiFi + Cellular: USD949 (sekitar Rp14,7 juta)