Kenali 5 Fitur Terbaru Chromebook Plus yang Harus Kamu Tahu

pada 1 jam lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id- Google membekali beberapa fitur baru yang kaya akan artificial intelligence alias AI untuk perangkat-perangkat Chromebook Plus.

Google sendiri memperkenalkan Chromebook Plus serta beragam fitur canggihnya yang didukung oleh AI pada Google I/O di bulan Mei lalu. Dalam kegiatan tersebut, Google menjelaskan kata kunci dari Chromebook Plus adalah perangkat keras berperforma tinggi dan didukung AI. Dimana, peluncuran model terbarunya bersama dengan Samsung dan Lenovo.

 

 

Spesifik untuk Samsung Galaxy Chromebook Plus, perusahaan memperkenalkan tombol quick insert multifungsi baru yang terletak di antara tombol tab dan shift. Dengan RAM 8 GB, prosesor Intel Core 3 100U (Raptor Lake-R), penyimpanan 256 GB, dan layar OLED 15,6 inci.

Tombol quick insert atau disebut tombol Copilot versi Google ini dapat menampilkan menu pintasan ke berbagai fitur seperti Help Me Write yang didukung Gemini, emoji dan GIF, riwayat pencarian untuk menyalin tautan dengan cepat, pencarian Google Drive, menambahkan tanggal, dan berbagai alat untuk menyelesaikan kalkulasi sederhana atau mengonversi satuan.

Di sisi lain, model Lenovo Chromebook Duet diperkenalkan sebagai PC tablet dengan penyangga bawaan dan layar sentuh WUXGA 10,95 inci dengan kecerahan 400 nits yang merupakan satuan standar intensitas cahaya dalam Sistem Satuan Internasional.

 

 

Selain itu, perangkat ini menggunakan prosesor MediaTek Kompanio 838 dengan RAM 8GB sama seperti Samsung Galaxy Chromebook Plus, penyimpanan 128 GB, kamera depan 5MP, dan kamera belakang 8MP.

Lenovo Chromebook Duet sangat direkomendasikan kepada pelajar, karena Google telah menjalin kerja sama dengan Goodnotes untuk mengoptimalkan aplikasinya bagi Chromebook yang kompatibel dengan stylus.

Fitur-fitur AI Baru Chromebook Plus

1. Help Me Write

Fitur ini merupakan pembaruan terbesar dalam Chromebook Plus. Dimana, fitur ini dapat meringkas teks dengan cepat, memilih tanggal dan detail penting dari konten, dan mengajukan pertanyaan tentang teks tersebut. Bebas di berbagai platform, fitur ini dapat memberikan saran terkait kepenulisan, analisis teks, hingga menyesuaikan nada tulisan sesuai dengan keperluan pengguna.

2. Help Me Read

Dengan fitur ini, pengguna dapat memperoleh ringkasan dari PDF, artikel, atau situs web manapun hanya dengan mengklik kanan, serta pengguna dapat mengajukan pertanyaan lanjutan kepada Gemini. Fitur ini juga mampu menerjemahkan secara langsung dan akan menampilkan teks dalam lebih dari 100 bahasa.

 

 

3. Magic Editor

Model AI multimodal ini menawarkan akses bawaan ke fitur edit foto canggih untuk menganalisis gambar dan menerapkan preset yang membuat gambar tersebut lebih menarik. Fitur ini mempermudah pengguna untuk mengedit foto dengan berbagai alat seperti memindahkan objek, mengubah warna langit, dan menghapus objek dengan cepat.

4. Google Gemini

Fitur keempat ini dapat memberikan kemampuan untuk menjawab pertanyaan, menganalisis dokumen, dan bahkan menghasilkan gambar. Pengguna tak perlu repot membuka browser karena aplikasi ini tersedia secara mandiri.

5. Game Dashboard

Fitur ini ditujukan kepada pengguna yang gemar untuk bermain game atau para gamer serta streamer. Game dashboard menawarkan fitur key mapping untuk kontrol pusat untuk aktivitas gaming yang lebih baik, opsi mengunggah yang mudah, dan fitur rekaman gameplay dalam satu klik saja.

Dengan peluncuran Chromebook Plus, Google semakin memperkuat posisinya di pasar perangkat komputasi. Chromebook Plus diharapkan dapat menarik minat pengguna yang mencari perangkat dengan kinerja tinggi dan fitur AI yang canggih.

Google turut memberikan penawaran paket Google One AI Premium secara gratis selama 12 bulan untuk pengguna baru Chromebook Plus, serta memberikan akses ke berbagai alat atau tools AI di aplikasi Google Docs dan Sheets.