Kenali Tingkat Kematangan Steak

pada 7 tahun lalu - by

Bagi pecinta makanansteak, Anda tak akan asing dengan istilah tingkat kematangan daging yang sangat berpengaruh pada rasa dan teksturnya. Mengolahsteaksebenarnya tak sulit. Hanya perlu memilih daging sapi berkualitas, meracik bumbu yang pas, serta memasaknya dengan tingkat kematangan yang tepat. 


Lama memasaksteaksapi dapat disesuaikan dengan tingkat kematangan yang diinginkan. Ada yang menyukaisteakdengan aroma daging segar yang kuat, tapi banyak juga yang lebih sukasteakmatang. Nah, berikut tingkat kematangansteakdaging sapi yang disesuaikan dengan cara memasaknya, seperti dilansir dari lamanBangosebagai berikut:

#Matang sempurna (Welldone)
Para pecinta resep masakan daging biasanya memilih untuk menyantap daging dengan tingkat kematangan ini. Bagian luar maupun dalam dari daging sapi dimasak hingga matang sempurna dengan durasi 11-15 menit untuk setiap sisi daging. Namun, bagiantenderloinbiasanya tidak dimasak hinggawelldonekarena akan membuat daging menjadi kering dan teksturnya keras.

#Hampir mentah(Very rare)
Steakdengan tingkat kematanganvery raredimasak dalam waktu yang sangat singkat, yakni lebih-kurang satu menit saja. Saatsteakdiiris, bagian dalamnya masih berwarna merah segar dan aroma khas daging segar menyeruak. Namun tingkat kematangan yang satu ini kurang cocok untuk para pecintasteaksehat, karena dikhawatirkan bakteri dan mikroorganisme lainnya masih hidup dan berkembang pada daging sapi.

#Seperempat matang (Rare)
Saatsteakdengan tingkat kematangan rare diiris, maka akan tampak bagian kemerahan segar pada bagian dalam daging. Namun berbeda dengansteakdengan tingkat kematanganvery rare, permukaansteak rarebiasanya berwarna lebih tua daripada permukaansteak very rare. Lama memasak biasanya sekitar dua menit.

#Setengah matang (Medium rare)
Tingkat kematanganmedium rareadalah tahapan minimal yang cocok untuk para pecintasteakyang menjalankan pola hidup sehat. Bagian dalam dagingsteaksudah tak lembap dan warnanya pun hampir kecokelatan. Meski demikian, teksturmoistkhas daging sapi bisa diperoleh dari tingkat kematanganmedium rare.

#Tiga perempat matang (Medium)
Butuh waktu 6-10 menit untuk memanggang masing-masing sisi daging sapi agar menghasilkansteakdengan tingkat kematangan medium. Meskipun tampak sudah matang,steak mediumakan tetap bertekstur empuk dan lembut saat bagian tengahnya ditekan.

DINA ANDRIANI

Berita lainnya:
Membuat Steak Kambing yang Simpel
Tip Menikmati Steak ala Chef Chandra

Makanan yang Jadi Racun jika Dipanaskan dengan Microwave

Berita Terkait: