Kenapa Nama Nadiem dan Achmad Zaky Muncul Jadi Kandidat Menteri Muda Jokowi?

pada 5 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

(Co-founder & CEO Gojek, Nadiem Makarim. Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

Uzone.id-- Joko Widodo yang selama tampil begitu terbuka dengan kemajuan teknologi dan akrab dengan sosok milenial ini mengatakan bukan tak mungkin lagi jika ada menteri anak muda di kabinet barunya kelak. Ada beberapa nama yang muncul, seperti Nadiem Makarim dan Achmad Zaky.

Jokowi sempat mengatakan, bahwa tak menutup kemungkinan bahwa pemerintahannya membutuhkan orang-orang muda dinamis yang bisa mengerti manajemen dan mengeksekusi program yang dicanangkan.

Belakangan, nama Nadiem selaku pendiri Gojek dan CEO Bukalapak Achmad Zaky berada di deretan kandidat sosok muda yang pas menjabat kursi menteri era Jokowi-Ma’ruf Amin.

Baca juga:Heboh Tagar #UninstallBukalapak, Memori Ponselmu Penuh,Ferguso?

Gojek dan Bukalapak adalah dua perusahaan teknologi yang begitu dekat dengan masyarakat sebagai konsumen, mitra, dan pelaku UKM. Kedua perusahaan ini juga berhasil mendongkrak ekonomi digital Indonesia. Gak heran, jika Nadiem dan Zaky disebut cocok ditempatkan di ranah ekonomi kreatif dan digital.

Tapi, hal ini memang baru rumor saja. Lantas, kenapa tiba-tiba nama mereka berdua yang muncul di permukaan? 

“Dua nama itu cuma ikon saja yang lebih dikenal publik,” ucap ekonom Bhima Yudhistira dari Institute For Development of Economics and Finance (Indef) saat dihubungiUzone.idpada Senin (15/7).

Dia melanjutkan, “nama mereka sekaligus simbol adanya perubahan ke arah yang lebih maju. Nanti tergantung Pak Jokowi apakah memang menyediakan kursi untuk generasi milenial dari pelaku startup.”

Namun bukan berarti keduanya gak mumpuni dalam berperan di industri ekonomi digital.

Baca juga:Anak Hary Tanoe Dipinang Jadi Menteri Milenial Jokowi?

Nadiem dan Zaky dinilai kreatif, memiliki jaringan luas, dan memahami aspek ekonomi digital di Indonesia. Selain memang usia yang masih muda, keduanya sanggup mengembangkan perusahaan masing-masing sampai mencapai valuasi besar.

Diketahui Gojek telah menyandang status decacorn pada April 2019 yang berarti perusahaannya itu telah meraup nilai di atas US$10 miliar atau setara Rp141 triliun.

Sedangkan Bukalapak sendiri sejak 2018 berhasil mengantongi gelar unicorn berkat valuasi perusahaan yang telah menyentuh angka US$1 miliar atau Rp14 triliun.

Baca juga:Nadiem dan Achmad Zaky Dilirik Jadi Menteri Muda Jokowi?

CEO Bukalapak, Achmad Zaky. Foto: kumparan

 

Sebelumnya, ada rumor mengenai calon Menkominfo yang disebut-sebut bisa jatuh ke tangan Angela Tanoesoedibjo, putri dari pengusaha Hary Tanoe. Selain itu, ada juga beberapa nama lain seperti Tsamara Amany, Grace Natalie, Agus Yudhoyono, dan lain sebagainya.

Well, kita lihat aja nanti kira-kira siapa yang akan benar-benar layak masuk ke dalam jajaran menteri muda Jokowi.

Kalau kalian, lebih pilih mana?