Khusus Asia, Apple Bakal Jual iPhone 15 'Made in India'?

pada 8 bulan lalu - by

Uzone.id -Buatfanboydi kawasan Asia, iPhone 15 yang kalian beli kemungkinan besar bakal mencantumkan informasi ‘Made in India’ pada paket pembeliannya.

Kabarnya, Apple telah memutuskan bahwa unit iPhone 15 yang beredar di India dan negara Asia lainnya, merupakan hasil produksi dari fasilitas pabrik Foxconn yang terletak di Tamil Nadu.

Kuartet iPhone 15 Series telah resmi meluncur secara global. iPhone 15, 15 Plus, 15 Pro, dan 15 Pro Max rencananya akan tersedia di pasaran global pada 22 September 2023 mendatang.

Dikutip dariBloomberg, sebagian besar iPhone 15 yang tersedia di pasaran masih berasal dari China. Namun, sumber anonim menyebut, ini pertama kalinya iPhone terbaru buatan India dijajakan pada hari pertama penjualan

Meskipun jumlah unitnya memang tak sebanyak iPhone 15 ‘Made in China’. Namun, ketersediaan perangkat buatan India merupakan bukti upaya Apple yang berusaha mengalihkan ketergantungannya pada manufaktur yang berbasis di China.

 

 

Selain itu, langkah ini merupakan cara lain dari Apple untuk mempersempit kesenjangan antara operasinya di India dan basis manufaktur utamanya di Tiongkok. 

“Ini adalah langkah signifikan bagi Apple untuk memproduksi iPhone 15 di India, yang berarti Apple menyederhanakan rantai pasokannya di India dan memiliki keyakinan penuh mengenai aspek keamanan dan privasi dari keseluruhan operasi serta kemampuan pemasoknya untuk memproduksi iPhone 15,” jelas Neil Shah, VP Research dari Counterpoint secara terpisah, seperti dikutip dariIndia Times.

Adapun, fasilitas Foxconn di India bertanggung jawab untuk memproduksi iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Foxconn sendiri merupakan salah satu dari tiga pemasok, dimana dua lainnya adalah Pegatron dan Wistron yang akan diakuisisi oleh perusahaan besar India, Tata Group.

Harga iPhone 15 Series

iPhone 15 akan dijual dengan harga mulai USD799 atau setara dengan Rp12,2 jutaan, sementara iPhone 15 Plus akan dibanderol USD899 atau Rp13,8 jutaan. Varian memorinya mulai dari 128 GB, 256 GB, dan 512 GB.

 

 

Sementara iPhone 15 Pro mulai dijual dengan harga USD999 atau sekitar Rp 15 jutaan tersedia dalam kapasitas penyimpanan 128GB, 256GB, 512GB, dan 1TB.

Kalau iPhone 15 Pro Max dijual dari USD1.199 atau Rp18 jutaan yang tersedia dalam kapasitas penyimpanan 256 GB, 512 GB, dan 1 TB.