Kia EV9 Earth Dijual di GIIAS 2024, Pakai Material Daur Ulang

pada 1 hari lalu - by

Uzone.id-Ajang GIIAS 2024 dijadikan momentum bagi Kia untuk menghadirkan varia terbaru dari mobil listriknya EV9 yang kini ditambahkan kata 'Earth' di belakangnya.

Ya, Kia EV9 Earth. Apa istimewanya mobil listrik ini?

Transformasi Kia ini semakin diteguhkan dengan pengurangan jejak karbon di seluruh lini kegiatan yang bertujuan untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2045.

 

 

Kia mulai menggunakan sumber energi terbarukan dan peningkatan efisiensi energi dalam proses manufaktur.

Salah satu langkah konkretnya saat ini adalah penggunaan 10 material daur ulang yang diaplikasikan pada interior lini kendaraan listrik Kia, yaitu seri EV9.

10 Material tersebut terdiri dari plastik bio yang digunakan pada dashboard, konsol, pilar, dan pelapis; plastik PCM untuk pelapis pintu; bio PU (Polyurethane) digunakan pada bangku.

Juga ada kain PET daur ulang untuk sun visorheadrest, dan pelapis bangku; PET daur ulang atau jaring ikan untuk karpet; busa bio PU digunakan pada cushion head rest; cat bio pada door switch panel.

Serta BTX (Benzene, Toluene, and Xylene) free-paint sebagai pelapis interior; benang PET daur ulang yang digunakan sebagai jahitan pada bangku; dan kain felt daur ulang yang digunakan pada luggage board.

“Melalui peluncuran Kia EV9 Earth, kami ingin memperkuat komitmen kami dalam mendorong elektrifikasi kendaraan di Indonesia," ujar Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA), Ario Soerjo.

Dibangun di atas platform E-GMP (Electric Global Modular Platform), Kia EV9 menyuguhkan performa bertenaga dan jarak tempuh yang jauh hingga 541 km, berdasarkan prosedur pengujian WLTP.

Kia EV9 juga dilengkapi dengan kemampuan pengisian daya ultra fast charging 800 volt yang memungkinkan baterai dapat diisi ulang dengan daya yang cukup untuk membuat mobil menjelajah sejauh 239 km dalam waktu kurang lebih 15 menit.

Tidak hanya itu, Kia EV9 juga menghadirkan terobosan teknologi unggulan, seperti fitur Highway Driving Pilot (HDP), yang tersedia di Kia EV9 varian GT-Line. Fitur ini memungkinkan Kia EV9 dapat dikendalikan secara otonomus Level 3 dalam kondisi tertentu.

Di kabinnya, Pada baris pertama memiliki jok relaksasi yang membentuk posisi jok menjadi posisi rebah yang nyaman.

Lalu pada baris kedua, untuk pertama kalinya di antara model EV global, Kia menawarkan empat pilihan tempat duduk, meliputi jok standar dengan 3 tempat duduk model bench seat, tipe dasar, tipe relaksasi, dan jok captain seat dengan dua jok yang dapat diputar hingga 180 derajat.

 

 

Untuk opsi jok relaksasi pada baris kedua, memungkinkan penumpang baris pertama dan kedua untuk berbaring bersamaan saat SUV sedang mengisi daya.

Sementara dengan opsi jok putar 180 derajat pada baris kedua, memungkinkan penumpang baris kedua untuk berinteraksi berhadapan dengan penumpang yang duduk di baris ketiga.