Kinerja Intel Gen 13 dan Gen 14 Gak Stabil, Main Game AAA Malah Ngelag

pada 4 hari lalu - by

Uzone.id -ProsesorIntel Core Gen 13dan Gen 14 disebut punya masalah performa yang tidak stabil. Laporan ini menyusul keluhan dari para pengguna yang mengalamicrashsaat bermain game AAA, seperti The Callisto Protocol, Hogwarts legacy, dan lainnya. 

Prosesor yang kerap di-mentionpenggunanya mengalami penurunan performa adalah tipe tertinggi seperti Intel Core i9-13900K dan Core i9-14900K. Mengetahui hal ini, Intel langsung menyelidiki penyebabnya dan bakal memperbaiki gangguan tersebut melaluiupdate patchkhusus.

Thomas Hannaford, seorang karyawan Intel mengatakan, performa yang tidak stabil disebabkan adanya peningkatan voltase operasional yang dipicu oleh algoritmamicrocodeyang bermasalah. Gara-garanya, permintaan voltase keCPUjadi tidak valid dan menyebabkan kinerja yang naik-turun.

 

 

"Kami menemukan adalah peningkatan penggunaan voltase yang menyebabkan masalah ketidakstabilan di sejumlah prosesor desktop generasi ke-13 dan 14," tulis Thomas di forum Intel Community.

"Hasil dari analisis terhadap prosesor yang dikembalikan mengkonfirmasi kalau peningkatan operasional voltase berasal dari algoritmamicrocodeyang menghasilkan permintaan voltase yang salah ke prosesor," tambahnya.

Untuk diketahui, algoritmamicrocodemerupakan protokol untuk menerjemahkan instruksi pemrograman tingkat tinggi ke operasi yang dapat dimengerti dan dijalankan oleh CPU. Nantinya,patchuntukmicocodeakan dimasukkan ke dalam pembaruan UEFI dari pembuatmotherboard

Seperti dikutip dariPC World, Intel berharap setelah pembaruan dikirim ke produsenmotherboard, mereka langsung memvalidasi pembaruan tersebut dan menyebarkannya segera, setidaknya pada pertengahan Agustus mendatang. 

Dalam keterangan terpisah, Steve Burke darichannelGamers Nexus di YouTube berpendapat, salah satu faktor kenapa masalah ini terjadi adalah isu oksidasi pada CPU Intel generasi ke-13 dan 14 tertentu. Ia pun terang-terangan tak merekomendasikan penggunaan prosesor Intel untuk saat ini karena masalah ketidakstabilan performa.

 

 

Hal ini langsung ditanggapi oleh salah Tech Evangelist di Intel, Alex Hoyos dalam postingannya di situsreddit. Ia mengakui isu oksidasi tersebut, tapi hal ini tidak berkaitan langsung dengan ketidakstabilan prosesor Intel Core Gen 13 dan Gen 14.

“Kami dapat mengonfirmasi bahwa masalah produksi oksidasi memengaruhi beberapa prosesor desktop Intel Core Generasi ke-13 awal,” jelas Hoyos.

“Kami juga telah melihatnya dari laporan ketidakstabilan pada prosesor desktop Intel Core Generasi ke-13 dan analisis hingga saat ini menunjukkan bahwa hanya sejumlah kecil ketidakstabilan yang terjadi. laporan dapat dihubungkan dengan masalah manufaktur,” sambungnya.

Intel sendiri menyarankan pengguna prosesor Intel Gen 13 dan Gen 14, yang menghadapi masalah ketidakstabilan, untuk menghubungi layanan Intel Customer Support untuk bantuan lebih lanjut.