Kisah Nyata di Balik Film The Conjuring 2

pada 8 tahun lalu - by
| June 15, 2016 1:43 pm

Film The Conjuring 2 mengangkat kisah nyata kasus rumah berhantu yang begitu fenomenal di Inggris.

Muvila.com – Tiga tahun lalu, film The Conjuring mengangkat kisah nyata rumah berhantu keluarga Perron. Kali ini, sekuelnya menceritakan salah satu kasus rumah berhantu yang begitu fenomenal di Inggris, yaitu The Enfield Poltergeist.

Kembali dibintangi Patrick Wilson dan Vera Farmiga, The Conjuring 2 berpusat pada seorang gadis muda, Janet Hodgson yang diganggu oleh setan jahat yang tinggal dalam rumahnya di London.

Suara-suara aneh, benda-benda melayang, furnitur berpindah sendiri dan banyak hal superanatural lainnya kerap dialaminya dalam rumah. Pasangan paranormal Ed Warren dan Lorraine Warren pun membantunya terlepas dari gangguan arwah jahat tersebut.

Sebelum menyaksikan The Conjuring 2 di bioskop pekan ini, ada baiknya mengetahui betapa mengerikan kisah nyatanya. Berikut Muvilaz rangkuman kisah nyata The Enfield Poltergeist lewat potongan-potongan foto di bawah ini.

[caption id="attachment_57245" align="alignnone" width="644"]RUMAH KELUARGA HODGSON Kejadian supernatural itu terjadi di rumah kecil yang terletak di Enfield, London pada tahun 1977. Kala itu, rumah tersebut ditinggali oleh Peggy Hodgson, orang tua tunggal bagi empat anaknya, yaitu Janet Hodgson, Margaret Hodgson, Billy Hodgson dan Johnny Hodgson. Hak Cipta : bbc[/caption]

 

[caption id="attachment_57247" align="alignnone" width="644"]MALAM MENCEKAM
Dalam sebuah wawancara langsung pada tahun 2012, Janet Hodgson menceritakan malam pertama ia dan saudaranya diganggu setan jahat. "Ketika saya dan saudaraku akan tidur, kami dapat mendengarkan sesuatu terseret. Dan Ibu kami datang karena dia mendengar kami berteriak. Kami mengatakan lemari baru saja bergeser ke pintu kamar tidur. Namun ibu kami mengatakan, "Jangan konyol." Padahal, ia melihat sendiri kejadian tersebut.
Hak Cipta : MIRROR[/caption]

[caption id="attachment_57249" align="alignnone" width="644"]CARI BALA BANTUAN Merasa mengerikan, keluarga Hodgson berlari ke luar rumah untuk meminta bantuan tetangganya, Vic dan Peggy Nottingham. Ketika Vic hendak masuk ke rumah untuk menyelidiki, dia juga mendengar suara aneh di sekitar rumah. Hodgsons pun memanggil polisi dan salah satu polisi itu melihat sebuah kursi bergeser dengan sendirinya. Hak Cipta : MIRROR
[/caption]

[caption id="attachment_57251" align="alignnone" width="644"]MASA MENCEKAM
Berdasarkan pernyataan pihak keluarga, mereka dihantui selama kurang lebih 18 bulan. "Kami tidak memahami apa yang terjadi," kata Margaret pada People. "Kami melaluinya waktu demi waktu, yang kami tidak dapat percaya apakah itu benar-benar terjadi. Itu menakutkan. Kami tidak seperti di rumah sendiri," lanjutnya.
Hak Cipta : dailymail[/caption]

 

[caption id="attachment_57253" align="alignnone" width="644"]KEJADIAN MISTIS
Ketika kejadian aneh itu berlanjut, Peggy memutuskan untuk mengundang sebuah media populer di Inggris, The Daily Mirror. Media tersebut datang untuk membuktikan kejadian supernatural itu. Tetapi ketika reporter tiba, rumah menjadi sunyi senyap selama berjam-jam. Hal aneh baru terjadi ketika reporter hendak pergi. "Fotografer kembali datang dan sebuah Lego menghantam bagian atas matanya. Dia masih memiliki bekas luka beberapa hari setelahnya. Dan kemudian paranormal terkenal di Inggris, Maurice Grosse mendatangi rumah kami," ujar Janet, mengutip Daily Mail.
Hak Cipta : dailymail[/caption]

 

[caption id="attachment_57255" align="alignnone" width="644"]MAURICE GROSSE
The Daily Mirror memanggil Society for Psychical Research (SPR), yang mengirimkan Grosse untuk menginvestigasi kasus ini. Selama tinggal di rumah, Grosse mengatakan bahwa dia menyaksikan lebih dari dua ribu kejadian supernatural. "Furnitur jungkir balik, cangkir terisi dengan air, suara-suara dan benda-benda melayang," kenang Janet ketika berbicara pada iTV. "Yang paling mengerikan adalah ketika tirai membungkus sendiri di sekitar leher saya di tempat tidur," lanjutnya.
Hak Cipta : Telegraph,[/caption]

 

[caption id="attachment_57257" align="alignnone" width="644"]RASUKI JANET
Hantu rumah itu lalu kerap merasuki tubuh Janet. Tiba-tiba Janet berbicara dengan suara besar dan mengaku dirinya bernama Bill Wilkins, yang telah meninggal di rumah tersebut beberapa tahun sebelumnya. Perkataannya ternyata memang benar adanya. Laki-laki tersebut adalah penghuni lama rumah tersebut yang meninggal dalam keadaan terduduk di ruang tamu akibat pendarahan. Hantu tersebut berbicara melalui tubuhnya Janet selama berjam-jam.
Hak Cipta : Telegraph,[/caption]

 

[caption id="attachment_57259" align="alignnone" width="644"]GONTA-GANTI PARANORMAL
Selama 18 bulan itu, sejumlah paranormal datang silih berganti membantunya, termasuk Ed dan Lorraine Warren. "Mereka yang berurusan dengan hal supernatural hari demi hari," kata Ed, berdasarkan laman Fangoria.
Hak Cipta : Telegraph,[/caption]

 

[caption id="attachment_57261" align="alignnone" width="644"]MASIH TRAUMA
Setelah 40 tahun berlalu, peristiwa traumatik itu masih mendekam dalam pikiran Janet dan Margaret. "Itu tinggal bersamamu. Setiap langkah," kata Margaret pada People. "Itu hanya seperti sebuah kematian. Ketakutan dan memori serta apa yang terjadi tidak pernah meninggalkanmu," imbuhnya.
Hak Cipta : PEOPLE[/caption]