Kisah Tahanan dan Romansa Jembatan Paling Terkenal Venesia

pada 8 tahun lalu - by
Advertising
Advertising
| June 22, 2016 3:07 pm

Bridge of Sigh atau dikenal juga dengan sebutan Ponte dei Sospiri dalam bahasa Italia adalah salah satu jembatan khas dari Venesia, Italia, dan paling terkenal di sana.

Jembatan tertutup dan melengkung ini terbuat dari batu kapur putih dan memiliki jendela persegi panjang kecil ditutupi dengan layar sungai sempit. Jembatan ini terbuat dari batu Istria, barocco dan dibangun pada tahun 1600 oleh Antonio Contin penguasa dari Doge Marino Grimani berlambangkan scolpito. Namun ada yang mengatakan jembatan ini dibangun antara 1600 dan 1602 untuk menghubungkan Istana Doge dengan penjara baru, Prigioni Nouve, terletak di seluruh kanal Rio di Palazzo.

Seperti dilansir dari lamanAmusing Planet, Rabu (22/6), jembatan hanya untuk tujuan tertentu. Jembatan digunakan untuk membawa tahanan dari kamar interogasi di Istana Doge ke sel mereka di Prigioni. Legenda mengatakan bahwa tahanan yang dihukum berjalan melintasi jembatan ke penjara untuk pelaksanaan eksekusi. Lewat jembatan ini tahanan bisa melihat sekilas dunia luar dan menghela napas.

Oleh karena itu, jembatan ini disebut Bridge of Sighs atau jembatan ‘napas’. Pada kenyataannya meskipun hari pemeriksaan resmi yang sangat teliti dan ringkasan eksekusi sudah berakhir pada saat jembatan ini dibangun dan sel-sel di bawah atap istana disibukkan kebanyakan oleh penjahat kecil. Selain itu tidak banyak yang dapat dilihat dari bagian dalam jembatan melalui batu sempit yang menutupi jendela.

Saat ini jembatan berhubungan dengan legenda berbeda, bahwa jika sepasang kekasih berciuman di atas gondola saat metahari terbenam di bawah jembatan ini, mereka akan dipastikan akan mendapatkan cinta abadi dan bahagia.

(baca:Uniknya ‘Batu Lumut’ 3.000 Tahun di Andes)