Klasemen Medali Asian Games: Indonesia Masih Bertahan di Posisi Lima

pada 6 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Jumat (24/8/2018) atau hari keenam Asian Games 2018 masih menjadi hari yang membahagiakan untuk Indonesia. Pasalnya, satu emas berhasil didapat kontingen 'Merah Putih'.

Emas itu datang dari Palembang lewat cabang olahraga dayung, tepatnya pada nomor kelas ringan delapan putra. Hasil itu diraih setelah Indonesia mencatatkan waktu 6 menit 08,88 detik dan sukses mengandaskan perlawanan Uzbekistan serta Hong Kong.

Tim Indonesia sendiri berisikan Tanzil Hadid, Muhad Yakin, Rio Rizki Darmawan, Jefri Ardianto, Ali Buton, Ferdiansyah, Ihram, Adi Isadi, Ujang Hasbullah. Satu nama yakni Rio Rizki bahkan masih berusia 14 tahun saat mendapat emas.

Bagi Indonesia, itu hanya satu-satunya emas yang didapat pada Jumat. Indonesia justru lebih banyak medali perak dan perunggu yang hadir. Total ada tiga perak dan empat perunggu yang didapatkan.

Perak di antaranya disumbang oleh Aero Sutan Aswar dari cabor jetski. Kemudian ada cabor renang di nomor empat putra melalui Kakan Kusuma, Edwin Ginanjar Rudiana, Sulpianto, dan Memo. Dan satu perak lagi diraih Rifda I dari cabor senam.

Sementara itu, perunggu untuk Indonesia disumbangkan cabor jetski lewat Aqsan Sutan Aswar, cabor dayung lewat empat srikandi yakni Chelsea Corputty, Wa Ode Fitri, Julianti, serta Yayah Rokayah, kemudian cabor senam artistik lewat Agus Prayoko dan terakhir disumbang tim ganda sepak takraw putra.

Berkat tambahan medali-medali tersebut, Indonesia saat ini masih duduk di posisi lima klasemen perolehan medali dengan 9 emas, 9 perak, dan 14 perunggu. Indonesia tertinggal dari Iran yang berada di posisi empat dengan memiliki 12 emas, 11 perak, dan 8 perunggu.

Posisi tiga teratas klasemen Asian Games 2018 masih dihuni oleh China di peringkat pertama, Jepang kedua, dan Korea Selatan ketiga. China bahkan sudah mampu mengoleksi 66 emas, sedangkan Jepang dan Korea Selatan masing-masing mengoleksi 29 serta 23 emas.