Kominfo Buka Eksibisi Teknologi di KTT G20 Bali, Pamer Apa Saja?

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id- KTT G20 Bali dimeriahkan dengan kehadiran pameran teknologi dengan nama DTE (Digital Transformation Exhibition) yang mulai dibuka pada Minggu, 13 November hingga 17 November 2022 mendatang.

Pameran teknologi ini merupakan salah satu rangkaian side event Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang diselenggarakan di Bali sekaligus menjadi puncak dari Digital Economic Working Group (DEWG). 

Yang membuat pameran teknologi ini menjadi spesial adalahDigital Transformation Exhibitiondi KTT G20 Bali ini merupakan yang pertama dalam sejarah Forum G20.

Ada banyak informasi, teknologi serta karya yang dipamerkan di pagelaran ini, beberapa negara G20 bahkan mengirimkan karya berupa  video tentang inisiatif transformasi digital di negara masing-masing.

Baca juga:Hadir Virtual di B20 Summit Sambil Mati Lampu, Elon Musk Bahas Apa Aja?

"Sajian DTE dikemas dalam enam area dengan penceritaan ataustorytellingartistik melalui medium audio-visual. Sehingga bisa menciptakanvisitors’ journeydanexperienceyang serba digital," ungkap Dedy Permadi, Alternate Chair DEWG G20.

Johnny G. Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika juga mengatakan, “di DTE juga ada spesial site untuk fotoInstagramableyang bagus dan keren.”

DTE sendiri terdiri atas enam area, ada pintu masuk (entrance) yang memberikan gambaran pertama kolaborasi G20.

Lalul, area keduaTunnel of Wondersyang berisi tampilan visual tentang kekayaan alam dan keindahan budaya Indonesia. Area ketiga ataumain areadengan tampilan dan perkembangan empat pilar transformasi digital Indonesia yaitu pembangunan infrastruktur digital, ekonomi digital, masyarakat digital, dan tata kelola pemerintahan digital.

Area keempat, terdapat perkembangan transformasi digital dari beberapa negara G20. Area kelima adaWorld of Collaborationsebagai bentuk apresiasi Kemenkominfo atas peranmultistakeholdersdalam mendorong percepatan transformasi digital. 

Baca juga:B20 Summit: 4 Hal Penting Dirut Telkom Soal Pemerataan Digitalisasi

Dan area terakhir,The Metaverse Corner, yang menyajikandigital experienceberbasis teknologimetaversehasil kolaborasi dengan perusahaan teknologi anak bangsa dan global.

Sementara itu, menurut, pameran teknologi digital ini menjadi penanda kolaborasi transformasi digital dalam harmoni bagi negara Anggota G20.

Menteri Johnny menyatakan DTE ini merupakan kesempatan emas bagi Indonesia untuk berbagi cerita kepada dunia tentang berbagai potensi bangsa dan percepatan kemajuan digital di berbagai sektor di Indonesia.

Eksebisi ini mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi, Dedi mengatakan kalau kapasitas pendaftar yang ingin berkunjung sudah penuh dan mencapai 4,4 ribu lebih.

“Bagi masyarakat atau bapak/ibu yang belum bisa secara langsung hadir di tempat acara, nanti kami ada video pasca event yang bisa dinikmati melalui kanal YouTube Kementerian Kominfo,” ungkap Dedy Permadi.