Kominfo Kebut Proyek BTS 4G BAKTI Selesai di Awal 2024

pada 4 bulan lalu - by

Uzone.idTepat pada Kamis (28/12), Presiden Jokowi bersama denganKementerian Komunikasi dan Informatikameresmikan 4.990 BTS 4G yang telah rampung dibangunBAKTI Kominfodi daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Dengan peresmian ini, dari 5.618 BTS yang dibangun di tahap kedua, sebanyak 4.990 lokasi sudahon-airdan 628 lokasi masih belumon-airkarena beberapa alasan. 

 

 

Sementara itu, pembangunan 628 BTS 4G yang tersisa akan dilakukan dengan kerja sama Kementerian Dalam Negeri, TNI dan Polri pada awal tahun 2024 nanti. Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Kominfo, Budi Arie Setiadi dalam acara peresmian SATRIA-1 dan 4990 BTS Kominfo.

“Pembangunan 7.200 Base Transceiver Station (BTS) 4G oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Kominfo di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) ditargetkan tuntas pada semester pertama Tahun 2024,” jelas Menkominfo.

Pembangunan BTS ini akan dilaksanakan di daerah Papua yang memiliki tantangan geografisnya dan juga hal-hal yang menyangkut lingkungan, termasuk status keamanan di Papua dan kesulitan mobilisasi material ke lokasi.

 

 

"Tiga bulan mudah-mudahan kita bisa selesaikan yang di daerah kahar, khususnya di Papua," tambahnya.

Menkominfo menegaskan ketersediaan konektivitas internet di berbagai wilayah, khususnya di wilayah 3T merupakan hak rakyat agar lebih mudah dalam memperoleh informasi. 

Oleh karena itu, Menteri Budi Arie mengapresiasi dukungan dalam membantu percepatan pembangunan BTS 4G BAKTI Kominfo, yang mana proyek ini sempat terhalang kasus hukum yang melibatkan beberapa pejabat tinggi kementerian.