Kominfo Mulai Bangun PDN di Batam, Target Selesai Tahun 2027

pada 1 jam lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id —Setelah membangun Pusat Data Nasional (PDN) di Cikarang dan saat ini sudah hampir rampung, Kemenkominfo kini mulai melakukan persiapan untuk membangun Pusat Data Nasional (PDN) di Batam.

Menkominfo, Budi Arie Setiadi mengungkap butuh banyak persiapan yang harus dilakukan agar PDN berjalan dengan baik, terutama di Batam.

Persiapan ini mencakup kajian ulang aspek lingkungan dan keamanan lokasi fasilitas yang akan mendukung implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

 

 

“Persiapannya ya itu lingkungannya, keamanannya kan perlu dihitung semuanya,” ujarnya dikutip dari keterangan resmi Kominfo, Senin, (30/09).

Wakil Menteri Kominfo, Nezar Patria menyebut bahwa kajian ulang yang dilakukan menjelang pembangunan PDN ini dilakukan agar mempermudah proses yang dilakukan.

PDN di Batam akan dibangun dengan menggandeng berbagai pihak, termasuk menggandeng salah satu perusahaan asal Korea Selatan dan diharapkan bisa selesai 3 tahun ke depan, atau di tahun 2027.

"Ini belum apa-apa ini masih lahan kosong, PDN yang di sana di Batam. Kalau ditargetkan dia masih  tiga tahun lagi itu. Karena ini kan masih tahap awal. Ini tergantung bagaimana kerja sama kita dengan Korea," tambah Nezar.

 

 

Proyek PDN Kemenkominfo rencananya akan dilakukan di 3 daerah, Cikarang, Batam dan IKN. Untuk Cikarang sendiri, Kominfo menyebut pembangunannya sudah hampir rampung dan akan disahkan pada Oktober tahun ini.

“Saat ini, pembangunan Pusat Data Nasional 1 di Cikarang, Jawa Barat sudah mencapai 83 persen dan ditargetkan akan selesai dibangun pada Oktober 2024. PDN 1 ini rencananya akan dilakukan uji coba pada November hingga Desember 2024 dan beroperasi penuh di awal 2025.

“PDN 1 direncanakan beroperasi penuh pada Januari 2025, dengan keterlibatan BSSN dalam desain ICT dan keamanan siber,” ujar Nezar pada Senin, (23/09) pekan lalu.