Komunitas Diaspora Qatar Galang Dana untuk Aceh

pada 7 tahun lalu - by
Arah -DiasporaIndonesiadiQatarbersama masyarakat mengadakan penggalangandanauntuk wargaAcehyang menjadi korban gempa, dengan dikoordinir Badan Zakat InfakSedekahQatar(ZIS Qatar) dan Imsqa-Permiqa dengan tema Peduli Aceh.

Dilansir dari Antara, pejabat KBRI Doha Boy Dharmawan, Kamis (8/12), mengatakan penggalangan bantuan ini merupakan bukti solidaritas dan kepedulian komunitas diaspora yang selama ini aktif menunjukkan kepedulian dan empatinya dengan memberi bantuan setiapbencanatidak hanya diIndonesiatapi juga di belahan dunia lainnya.

Ketua Dharma Wanita Persatuan KBRI Doha dalam peringatan HUT ke-17 Dharma Wanita Persatuan di KBRI Doha di depan staf KBRI, anggota DWP, dan komunitasIndonesiadi Doha mengatakan penggalangandanajuga melibatkan ormas Persatuan WanitaIndonesiaQatar(Perwiq).

"Ini adalah bentuk peduli kita kepada masyarakatAcehyang dilanda gempa," ujar istri Dubes RI di Qatar.

"Kami upayakan membantu meringankan beban saudara kita diAcehtermasuk melalui penggalangandanabekerjasama denganKomunitasDiaspora Indonesiadi Qatar," katanya lagi.

Baca Juga:

Indonesia Pernah Pesta Gol Di Markas Vietnam

Vietnam Tidak Terlalu Istimewa DiPiala AFF2016

BMKG menyampaikangempabumi tektonik terjadi diPidieJaya, Aceh, Rabu (7/12), berkekuatan 6,4 SR. Lokasigempa5,25 derajat LU dan 96,24 derajat BT, kedalaman 15 km.

Gempa 6,4 SR yang mengguncang Kabupaten Pidiejaya itu menimbulkan kepanikan dan membuat banyak korban berjatuhan.

Dubes RI untukQatarMuhammadBasriSidehabi mengatakan penggalangandanajuga dilakukan Persatuan MasyarakatIndonesiadiQatar(Permiqa) yang memiliki 52 organisasi masyarakat membawahi sekitar 40 ribu WNI.

DubesBasriSidehabi mengimbau komunitasIndonesiadiQataruntuk meringankan beban masyarakatAcehdengan memberikan bantuan melalui penggalangandanasecara sukarela di Qatar.

Menurut Ketua Permiqa Edwin Kurniawan, penggalangandanadikoordinir ZISQatardan Imsqa-Permiqa dengan tema Peduli Aceh.

"KomunitasIndonesiadiQatarmendoakan semoga wargaAcehyang mengalamibencanagempaagar diberi kekuatan dan kesabaran dalam menghadapi musibah ini," ujar Kurniawan.

Penggalangan dan penyalurandanadilakukan ZISQatarsecara transparan dan sukarela.

"Kami hanya menerima sumbangan baik langsung maupun melalui transfer," ujar Joko, salah satu koordinator ZISQatardi Doha.

Namun mengingat komunitas diasporaIndonesiatersebar di berbagai kota di Qatar, pengirimandanakemanusiaan untuk PeduliAcehini bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu transfer langsung kerekeningZISQataratau melaluiQatarIslamic Bank atasnamaNurhadi Amin, nomorrekening200142713 dan IBAN:QA08QISB000000000111794050011.

Pengumpulandanajuga secara serentak dilakukan melalui koordinator perwakilan ZisQatardi berbagai kota di Qatar, yaitu Kota Wakrah, Doha, Mesaeed, Al-Khor, dan Kota Dukhan.

Pejabat KBRI Doha Boy Dharmawan mengatakan penggalangan bantuan ini merupakan bukti solidaritas dan kepedulian komunitas diaspora yang selama ini aktif menunjukkan kepedulian dan empatinya dengan memberi bantuan dalam setiapbencanatidak hanya diIndonesiatapi juga di belahan dunia lainnya.

Salah seorang tokoh diasporaIndonesiadi Kota Alkhor Said Malawi mengatakan, penggalangandanadilakukan di Alkhor khususnya dari anggota ormas Masyarakat Serambi Mekkah diQatar(Masmeqar).

"Animo dan antusiasme komunitasIndonesiadi Alkhor sangat tinggi dalam mengumpulkan dana," ujar pegawaiQatarGas yang juga warga asli Pidie, Aceh.

"Kami sekeluarga akan pulang keAcehJumat ini untuk meringankan beban korban bencana," demikian Said yang telah bermukim 20 tahun diQataritu pula.

Berita Terkait:
Korban Tewas Gempa Aceh Bertambah Menjadi 94 Orang
Potret Kerusakan Gempa di Aceh
Qatar Butuh TKI untuk Piala Dunia 2022
Qatar Berguru ke Indonesia Atasi Kenakalan Remaja
Pembicaraan Qatar Gagal Rujukkan Fatah-Hamas
FOTO: Serambi Mekkah Porak Poranda Usai Diguncang Gempa 6.4 SR