Kontestan ‘Beast Games’ Gugat MrBeast dan Amazon, Ada Apa?

pada dalam 3 jam - by
Advertising
Advertising

Uzone.id -Acara ‘Beast Games’ dariMrBeastyang bakal ditayangkan di Amazon Prime Video dapat banyak kecaman, bahkan harus menghadapi gugatanclass actiondari kontestannya. Beast Games disebut-sebut sebagaireality showpaling besar yang pernah ada. 

Bagaimana tidak, terdapat 1.000 kontestan yang bersaing untuk memperebutkan USD5 juta atau setara Rp75,6 miliar. Sang kreator di balik besarnya kanal YouTube MrBeast, Jimmy Donaldson sampai jemawa kalau acaranya mungkin meraih banyak rekor dunia.

“Lebih dari 1.000 peserta, hadiah USD5 juta, dan banyak rekor dunia (yang akan dipecahkan),” klaimnya, seperti dikutip dariCNN.

Akan tetapi, tuntutan hukum harus dihadapi oleh sang kreator dan juga Amazon. Dikabarkan, lima kontestan yang berkompetisi di acara tersebut mengajukan gugatan hukum terhadap perusahaan produksi milik MrBeast, MrB2024 dan juga Amazon sebagai pemilikPrime Video.

 

 

Gugatan tersebut diajukan di pengadilan Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Dalam dokumen hukum setebal 54 halaman, para kontestan secara kolektif melaporkan bahwa mereka harus berada dalam lingkungan yang tidak aman dengan budaya misogini dan seksisme yang tumbuh secara sistematis.

Tuduhan lainnya, para pemain di acara Beast Games juga berada dalam kondisi kerja yang tidak masuk akal, tidak aman, dan terjadi pelanggaran hukum. Malah, beberapa kontestan di antaranya harus dirawat di rumah sakit.

Penggugat mengatakan bahwa selama kompetisi berlangsung, makanan disediakan secara sporadis dan jarang-jarang. Serta, tidak adanya akses yang memadai ke produk higienis atau perawatan medis yang membahayakan kesehatan para peserta.

 

 

Tak cukup, dokumen hukum juga mengungkap bahwa acara Beast Games dibuat dengan anggaran produksi sebesar USD100 juta atau setara Rp1,54 triliun. 

Cuma, terdapat ‘kontrak ilegal’ yang memberikan informasi palsu kepada negara bagian Nevada tentang kesalahan klasifikasi kontestan sebagai sukarelawan demi mendapatkan keringanan pajak. Alhasil, acara tersebut mendapatkan insentif sebesar USD2,5 juta atau Rp37,8 miliar dari pemerintah untuk syuting di Las Vegas.

Hingga kini, pihak MrBeast belum menanggapi masalah ini, demikian pula dengan Amazon yang menolak berkomentar.