Kris Jenner: Kylie Jenner Hasilkan Rp 5,7 Triliun dari Bisnis Kosmetik
Keluarga Jenner-Kardashian terbukti punya tangan dingin di dunia bisnis. Apa yang mereka sentuh pasti dibeli orang, begitu juga dengan barang-barang yang mereka produksi. Kylie Jenner dengan bisnis kosmetiknya, contohnya.
Tentu saja, di belakang kesuksesan anak-anak perempuan, ada sosok ibu yang selalu mendukung aktivitas mereka. Ya, Kris Jenner. Beberapa waktu lalu, CEO The Jenner Communications ini mengungkap bahwa bisnis kosmetik milik adik Kendal Jenner itu telah menghasilkan 420 juta dolar AS atau 5,7 triliun rupiah hanya dalam 18 bulan saja.
"Tujuan untuk ke depannya adalah, membangun keseluruhan infrastruktur, dan mencari tahu model ritel seperti apa yang bisa diterima secara global," kata Kris kepada Courtney Reagan saat melakukan wawancara denganCNBCseperti dilansirPeople. "Dia baru meraba permukaan (bisnisnya) dan ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan mereknya itu."
Kris menambahkan bahwa merek Kylie Cosmetics didanai sendiri oleh putrinya yang masih berusia 20 tahun itu. Dan saat ini tidak ada mitra ekuitas.
"Saat ini, dia sangat pintar dalam menjalankan bisnisnya," kata Kris. "Dia memilikinya (merek Kylie Cosmetics) 100 persen seorang diri, dan dia tidak memiliki investor. Ini adalah kesempatan bagus untuk berkembang."
Ketika ditanya apakah merek-merek besar seperti Estee Lauder dan L'Oréal berminat pada merek Kylie Cosmetics, wanita berusia 61 tahun ini mengatakan bahwa hal itu akan sangat menguntungkan bagi masa depan perusahaan milik Kylie.
"Kami sudah bicara dengan beberapa orang. Dan tentu saja, ada ketertarikan. Tapi, kita akan lihat apa yang terjadi," tuturnya.
Terlepas dari penawaran yang akan datang --dan investor yang sedang dalam perjalanan-- Kris melihat bahwa putrinya akan mempertahankan fokusnya pada kesuksesan mereknya tersebut.
"Dia berbisnis karena dia sangat menyukai hal itu. Ini sangat otentik dengan dirinya sendiri, karena dia sangat ingin melakukan hal ini sejak kecil. Ini benar-benar hal yang baik," ucapnya.
Kris pun menceritakan bagaimana ia membantu Kylie untuk meluncurkan merek kosmetiknya sendiri dan beberapa kesulitan yang dihadapi.
"Ini selalu mimpi Kylie untuk punya merek kecantikan dan perusahaanmakeup-nya sendiri. Dia bilang padaku, 'Aku ingin kau membantuku melakukan ini', dan kami mencoba meluncurkan beberapalip kitdan barang tersebut terjual habis dalam hitungan menit," terang mantan istri Bruce/Caitlyn Jenner.
"Aku sadar bahwa kami punya bisnis yang layak di tangan kami. Itu gila. Beberapa barang tidak bisa dikeluarkan terlalu cepat dan (banyak pesanan) membuatwebsite-nyacrashhingga tiga kali. Aku sadar bahwa kami harus menyelesaikan masalah itu secepatnya," tambahnya.
Kris pun mencari tempat untuk manufaktur merek Kylie Cosmetics hingga ke Southern California. Ia mencarinya lewat Google dan mengunjungi banyak sekali tempat yang sekiranya bisa memproduksi kosmetik milik putrinya secepat mungkin dan sebanyak mungkin.
"Aku datang ke sebuah pabrik dan ingin menjadikannya sebagai tempat manufraktur. Aku pun meyakinkan orang-orang akan tempat itu dan rasanya menyenangkan. Sebelum kami mengetahuinya, Kylie bicara pada penggemarnya di media sosial dan dia sangat tidak sabar untuk segera meluncurkan mereknya. Dan itu meledak," ungkapnya.
Bagi kamu yang belum tahu, Kylie Cosmetics juga bekerja sama dengan Smile Train, yang mengumpulkan dana untuk operasi bibir sumbing pada anak kecil.
"Ia menamakan produknya Lip Kit Smile dan dia memberikan hasil penjualannya pada Smile Train. Dia berhasil mendapatkan jutaan dari penjualan itu, usianya masih 19 tahun, dan dia sudah membuat perbedaan di dunia ini. Kami pun terbang ke Peru untuk melihat proses operasinya," jelas Kris. "Dan aku bangga dengan hal itu."
Menutup perbincangan, Kris pun mengungkapkan perasaannya sebagai seorang ibu yang punya anak sukses.
"Setiap kali anak-anakmu melakukan sesuatu yang sukses, itu membuatmu senang dan bangga. Hal itu juga membuatku ingin bekerja lebih keras lagi untuk hal-hal yang akan datang," tutupnya.