Lagu ‘My Heart Will Go On’ Melonjak di Spotify Gegara Tragedi OpenGate?

pada 10 bulan lalu - by

Uzone.id–  Sudah kurang lebih 25 tahun lalu lagu 'My Heart Will Go On' dirilis bersamaan dengan film ikonik Titanic. Lagu yang dinyanyikan oleh Celine Dion ini diklaim ramai didengar usai kapal selam Titan OceanGate dinyatakan hilang pada Minggu, 18 Juni 2023.

Seperti yang kita tahu, 5 orang yang merupakan orang-orang penting dinyatakan meninggal dunia usai kapal selam OceanGate yang hendak berwisata ke bangkai Titanic mengalamiCrash.

Lagusoundtrack Titanic ini kemudian diklaim telah didengar lebih dari setengah juta kali semenjak peristiwa nahas ini terjadi.

Portal TMZ juga menyatakan lagu ini mengalami kenaikan signifikan di chart streaming, salah satunya di Spotify yang mencatat 522 ribu kali pemutaran usai korban OceanGate dinyatakan meninggal dunia, pada Kamis (22/06).

Apakah benar? Atau hanya sensasi saja?

 

Hal ini ramai dibahas bermula dari pengguna Twitter @TheKing0f_Pop pada 22 Juni kemarin, ia mengklaim bahwa streaming ‘My Heart Will Go On’ melonjak sebanyak 7,8 juta di Spotify, dan lagu ini juga masuk ke Billboard Top 100 urutan 12 setelah kapal selam Titan dari OceanGate dinyatakan hilang.

Klaim ini juga diikuti oleh berbagai akun Twitter lainnya, sehingga banyak yang langsung percaya bahwa tragedi OceanGate mempengaruhi popularitas ‘My Heart Will Go on’.

Mengutip berbagai sumber, klaim ini dinyatakan tidak benar.

Peringkat global Spotify pada pekan 22 Juni 2023 tidak mencantumkan lagu Celine Dion ini. Daftar Spotify global top 200 daily song pada 19, 20, 21, ataupun 22 Juni 2023 juga tidak memperlihatkan ada lagu ‘My Heart Will Go On’.

Sedangkan dari Billboard Global 200 per tanggal 22 Juni 2023, lagu ini tidak masuk ke dalam daftar tersebut. Urutan 12 bukan ‘My Heart Will Go On’ justru ditempati ‘Last Night’ yang dinyanyikan Morgan Wallen.

Pun begitu dengan Billboard Hot 100 pada 24 Juni 2023, tidak ada lagu ‘My Heart Will Go On’ sama sekali, sedangkan urutan 12 ditempati oleh ‘Anti-Hero’ gubahan Taylor Swift.

Seperti diketahui, ‘My Heart Will Go On’ sejatinya telah diputar sebanyak 461 juta kali sejak lagu ini hadir di Spotify. Berbagai sumber meragukan jika soundtrack ‘Titanic’ ini sampai diputar secara online mencapai 7 juta kali selama sepekan jika tidak masuk ke global top 200.

Kendati begitu, pada profil Celine Dion, penyanyi solo ini memang memiliki 13.399.297 pendengar bulanan di Spotify, di mana ‘My Heart Will Go On’ menjadi lagunya yang paling sering diputar.