Led Zeppelin Tersandung Masalah Royalti

pada 8 tahun lalu - by
| June 23, 2016 12:09 pm

Pengacara Led Zeppelin, mengatakan bahwa bagian refrain dalam lagu Stairway to Heaven yang disebut mencontek adalah domain publik.

Los Angeles – Band legendaris Led Zeppelin dituduh berhutang jutaan US$ kepada musikus Amerika Serikat, Randy Wolfe. Lagu hitsnya “Stairway to Heaven” dituduh meniru lagu band milik Randy Wolfe, Spirit, yang berjudul Taurus, pada sidang yang diadakan pada Rabu 22 Juni 2016 .

Gitaris Led Zeppelin, Jimmy Page, dalam kesaksiannya mengatakan riff lagu “Stairway to Heaven” yang dirilis pada 1971 sudah biasa dimainkan sebelum kemunculan lagu Taurus yang dirilis tahun 1967.

Menurut laporan kantor berita Reuters, Francis Malofiy, pengacara Randy Wolfe, menyebut Page tidak mengatakan kepada juri Pengadilan Distrik Los Angeles pada sidang Rabu 22 Juni 2016 kemarin tentang bagaimana ia terinspirasi saat menulis chord pembuka lagu hits yang masuk ke Grammy Hall of Fame tersebut.

“Dia tidak memberitahu Anda dari mana ia mendapat ide,” kata Malofiy. “Itu karena diambil dari Taurus dan Randy California”.

Malofiy mengatakan ia mencari kredit menulis sepertiga dari “Starway to Heaven” untuk Wolfe yang diperkirakan mencapai US$ 3 juta hingga US$ 30 juta.

Peter Anderson, pengacara Led Zeppelin, mengatakan bahwa bagian refrain dalam lagu “Stairway to Heaven” yang disebut mencontek adalah domain publik. Ahli music yang dibawa oleh para pengacara Led Zeppelin, Lawrence Ferrara, juga mengatakan kalau hal itu telah dimainkan di banyak lagu-lagu pop sejak 300 tahun. Anderson menambahkan, jika juri menilai Wolfe layak mendapat kredit, mereka harus menilai dari refrain yang hanya merupakan bagian dari ”Stairway to Heaven”.

Gugatan kasus tersebut dilaporkan pada 2014 oleh Michael Skidmore yang mewakili Randy Wolfe. Wolfe sendiri telah meningrgal dunia pada 1997.

REUTERS | ARDITO RAMADHAN

Berita Terkait: