Lewat HiFi, Indosat ‘Ramal’ Pengguna FMC Sentuh 300 Ribu User Tahun Ini
Uzone.id— Layanan Fixed Mobile Convergence (FMC) sedang menjadi tren di Indonesia, tak heran kalau setiap operator mulai berlomba-lomba menghadirkan layanan konvergensi.
Melihat berbagai operator yang sudah terjun ke FMC ini, bagaimana peluang tren Fixed Mobile Convergence bagi Indosat Ooredoo Hutchison yang memiliki layanan Indosat HiFi?
Menurut Chief Regulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Danny Buldansyah, melihat jumlah rumah tangga yang terkoneksi dengan PLN dan pelanggan FTTH (fiber to the home) yang masih di kisaran 10 jutaan user, potensi FMC ini masih sangat besar.
“Ada sekitar 65 juta rumah tangga yang terkoneksi di PLN, dan 65 juta (rumah tangga) ini merupakan potensi yang bisa terhubung dengan FTTH,” ujarnya saat ditemui awak media dalam acara Media Update Indosat Ooredoo Hutchison, Rabu, (12/04).
"Hingga saat ini pelanggan FTTH baru 10 jutaan user. Artinya, masih ada 50 juta (rumah tangga) lagi yang terbuka untuk FMC ini. Saingan?Room-nya masih besar sekali,” tambahnya.
Untuk strategi layanan FMC tahun ini, Danny mengungkapkan bahwa saat ini Indosat HiFi memiliki sekitar 400 ribu homepass dan hingga akhir tahun diperkirakan Indosat akan memiliki kurang lebih 1,5 juta homepass.
“Dari situ, akan ada yang menjadi pelanggan atau tidak. Nah, yang menjadi pelanggan kami lihat dulu. Namun, strategi kita, setelah ini sudah lumayan banyak, kami tinggal men-developproduk-produk bundling antara mobile dan fixed,” tambahnya.
Untuk target penggunanya, Danny memperkirakan sekitar 20 persen (300 ribu) dari 1,5 juta homepass yang dimiliki oleh mereka nantinya akan menjadi pelanggan dari Indosat HiFi.
“Kami inginnya, minimal sama dengan industri, antara 20 persen sampai 30 persen dari 1,5 juta homepass yang dibangun,” ujarnya.
Seperti diketahui, FMC atau Fixed Mobile Convergence sendiri merupakan penggabungan layanan seluler dan fixed broadband yang memungkinkan pengguna akan terus terhubung dimanapun.
Penyedia jaringan telekomunikasi di Indonesia saat ini sedang gencar-gencarnya memperkenalkan layanan-layanan FMC mereka. Mulai dari XL Axiata dengan nama XL Satu, Indosat Ooredoo dengan HiFi, Smartfren dengan MyRepublic dan terbaru ada IndiHome yang akan melebur dengan Telkomsel.