Lima Cara Maksimalkan Fungsi Spotify

pada 7 tahun lalu - by


Spotify telah menjadi bagian penting dalam hidup kita. Dirata-ratakan dalam 3 bulan, kita telah menghabiskan 1.165 menit streaming di Spotify. Tetapi apakah selama ini kita telah menggunakan aplikasi Spotify secara maksimal? Dengan banyaknya fitur yang tersedia, terdapat kemungkinan bahwa kita belum menggunakan aplikasi musik itu seutuhnya.

Berikut ini kami ingin berbagi lima cara memaksimalkan penggunaan Spotify yang mungkin belum diketahui.

1. Atur Playlist dengan ‘Folder Playlist’

Selama beberapa bulan menggunakan Spotify, mungkin Anda telah menemukan banyak playlist yang cocok didengarkan pada momen-momen tertentu. Banyaknya momen yang pas bila ditemani dengan musik, membuat bertambah banyaknya playlist yang disimpan dan tidak jarang hal tersebut membuat susunan playlist menjadi tidak teratur.

Anda dapat mengatur susunan playlist dengan menggunakan fitur ‘Folder Playlist’. Cukup tekan tab File dan buat Folder Playlist baru, kemudian kategorikan playlist sesuka hati.

2. Metode Pencarian yang Efektif

Banyaknya musik yang tersedia di Spotify, hanya menulis nama musisi pada search box terkadang memberikan hasil pencarian yang terlalu banyak. Box pencarian aplikasi ini diklaim merupakan alat pencarian canggih, memungkinkan untuk menggunakan fungsi logic untuk membantu mempersempit hasil pencarian.

Misalnya untuk mencari berdasarkan tahun, tambahkan kata “year:” dan masukan jarak seperti “1992-1997” akan menampilkan hasil pencarian pada tahun tersebut. Penambahan kata “artist:”, “title:”, atau “genre:” dan penggunaan fungsi logic seperti “AND”, “OR”, dan “NOT” juga dapat membuat hasil pencarian yang jauh lebih spesifik, ketik “artist:Charlie Puth AND Selena” pada search box untuk mencoba dan bersiaplah untuk terkejut.

3. Selamatkan Playlist Favorit yang Terhapus

Apakah Anda pernah tidak sengaja menghapus playlist kesayangan? Jangan khawatir karena dapatkannya kembali.

Cukup Login dan kunjungi halaman ‘Akun’ pada web browser (https://www.spotify.com/id/account/), kemudian klik pilihan ‘Pulihkan playlist’ pada kolom sisi kiri. Seluruh playlist yang telah terhapus dapat di ‘Pulihkan’ dan langsung didengarkan kembali.

4. Tingkatkan Kualitas Suara

Maraknya penggunaan perangkat penghasil suara berkualitas tinggi membuat besarnya permintaan akan kualitas suara yang terbaik. Khusus bagi para audiophile di luar sana, tidak perlu cemas dengan batas kualitas suara 160kbps.

Hanya dengan berlangganan Spotify Premium, Anda dapat meng-upgrade kualitas suara menjadi 320kbps dan langsung rasakan perbedaannya!

5. Temukan Arti dari Lagu Favorit Anda dengan ‘Behind the Lyrics’

Pernah mendengar lagu dan penasaran arti dari lagu tersebut? Rasa ingin tahu seperti ini lah yang mendorong Spotify bekerja sama dengan Genius, koleksi lirik lagu dan pengetahuan musik crowdsource terbesar di dunia. Sehingga memberikan kesempatan untuk lebih dalam berhubungan dengan musisi dan lagu yang Anda cintai dengan fitur Behind the Lyrics.

Anda dapat mengakses Behind the Lyrics dengan menarik ke bawah pada artwork dari lagu yang didukung, dimana akan disuguhi dengan campuran lirik dan informasi eksklusif dari lagu tersebut secara real-time untuk mengetahui arti sesungguhnya dibalik lagu favorit Anda.



Berita Terkait: