5 Skill Teknologi yang Dicari di Ekosistem Digital Indonesia

pada 4 tahun lalu - by

Foto: Nesa by Makers (Unsplash)

Kolom oleh: Fajrin Rasyid, Direktur Digital Business PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)

Uzone.id- Transformasi digital sedang berlangsung di hampir semua sektor di seluruh dunia. Bahkan, pandemi Covid-19 ternyata juga mempercepat digitalisasi di berbagai sektor. 

Timbul pertanyaan, bagaimana kita sebagai individu dapat mempersiapkan banyak keahlian yang diperlukan agar tidak tertinggal dalam persaingan yang semakin ketat ke depan. Di bawah ini saya mencoba menyusun limaskillteknologi yang sedang populer saat ini.

1.(Digital) Product Manager 

Skillini terkait bagaimana mengelola tim yang terdiri atas beberapa keahlian sepertidesigner,developer,data scientist, dan lain-lain untuk mengembangkan produk/aplikasi digital. 

Seorangproduct managerharus mampu mengembangkan aplikasi agar sesuai dengan kebutuhan pengguna, menentukan dan mengejar kriteria kesuksesan aplikasi, serta menyusunroadmap. Mereka juga harus memastikan pengembangan aplikasi sesuairoadmaptersebut.

Photo byUX IndonesiaonUnsplash

2.Data Scientist

"Data is the new oil" - adagium ini menggambarkan pentingnya data dalam kesuksesan organisasi atau bisnis yang bergerak di bidang digital. 

Data scientistadalah keahlian yang terkait dengan bagaimana mengolah data untuk menjelaskan apa yang terjadi dengan sebuah bisnis atau organisasi, mengapa hal tersebut terjadi, memprediksi apa yang akan terjadi, serta memberikan rekomendasi apa yang sebaiknya dilakukan. 

3.Mobile Developer

Hampir seluruh aktivitas digital khususnya yang terkait dengan individu atau masyarakat terjadi melaluismartphone. Bahkan, kebanyakan aplikasi dibuat dengan prinsip "mobile first" atau "mobile only". 

Hal di atas membuatmobile developer -skillyang terkait dengan bagaimana mengembangkan aplikasi berbasis Android ataupun iOS - menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir.

4.UI/UX Designer

Bagaimana memastikan aplikasi atau sistem yang dikembangkan mudah digunakan oleh pelanggan?UI/UX designeradalahskillyang bertanggungjawab akan hal tersebut.Skillini terkait dengan meriset kebutuhan pelanggan, mempelajari bagaimana pelanggan berinteraksi dengan aplikasi, serta memperbaiki antarmuka aplikasi agar semakin disukai oleh pelanggan.

5.Quality Assurance

Keahlian ini terkait dengan bagaimana memastikan aplikasi yang dikembangkan itu sesuai denganscopeyang telah didefinisikan, bebas daribugdanerror,aman dari sisisecuritydan aspek lainnya yang telah ditentukan.

Sebenarnya masih banyak lagiskillteknologi lain yang juga dibutuhkan di luar daftar di atas. Selain itu, perkembangan teknologi yang sangat cepat menyebabkan sangat mungkinlistini akan berubah pula. 

Oleh karena itu,skillyang justru paling penting menurut saya adalahgrowth mindset, yakni kemampuan untuk dapat dan mau belajar dengan cepat terkait keahlian atau hal baru yang dibutuhkan di masa yang akan datang. Jangan cepat puas dengan keahlian yang kita miliki saat ini dan mari kita terus meningkatkan kemampuan kita bersama agar dapat berbicara di kancah nasional bahkan global.