List Motor Jadul yang Paling Dicari dan Tips Membelinya

pada 2 bulan lalu - by

Uzone.id- Jika kalian sukamotor jadul, mungkin kalian pernah ada keinginan untuk mengoleksinya. Bagi laki-laki, biasanya koleksi motor seperti ini menjadi kegiatan yang menyenangkan, karena unik dan masih belum tentu ada banyak orang yang juga melakukannya ditambah masih banyak orang yang masih mencari motor jadul yang klasik untuk dikoleksi.

Koleksi kendaraan jadul seperti ini tidak hanya dilakukan oleh orang yang sudah berusia tua saja, terkadang ada anak-anak muda yang memiliki minat sama, yaitu mengoleksi barang-barang berusia tua. Meskipun pada akhirnya, barang tersebut hanya menjadi pajangan saja.

Namun kepuasan dalam mengoleksi barang tua seperti motor jadul tidak akan tergantikan oleh perasaan lainnya. Tetapi, ternyata ada banyak anak muda yang belum tahu apa saja jenis motor tua yang masih banyak peminatnya.

Padahal anak-anak muda itu sudah memiliki minat untuk mengoleksi. Hal ini wajar saja terjadi, karena mayoritas anak muda tidak tinggal di era tahun 80-an atau 90-an. Sehingga tidak tahu apa saja jenis motor tua yang masih banyak peminatnya saat ini.

10 List Motor Jadul Paling Diminati

Jika kalian juga tidak tahu apa saja merk kendaraan tua yang masih banyak peminatnya saat ini, kalian harus mencoba koleksi beberapa merk berikut ini. Berikut ini 10 listmotor jadulpaling diminati:

Honda Astrea Prima

Motor jadul yang cukup terkenal adalah Honda Astrea Prima. Desainnya sangat sederhana, bahkan sekilas terlihat seperti sepeda biasa. Mungkin kalian sudah sering menemukannya dengan warna hitam dan putih.

Honda Astrea Prima sampai saat ini masih terkenal. Jumlah orang yang masih menyimpannya untuk koleksi atau pemakaian sehari – hari juga cukup banyak, sehingga tidak akan jarang kalian melihat Honda Astrea Prima ini di jalan raya.

Vespa Spartan

Kini, merek vespa menjadi andalan kendaraan yang cocok untuk laki – laki dan perempuan. Namun pada era 80-an, ada salah satu merk vespa terkenal dengan kegagahan dan keunikan desainnya, yaitu Vespa Spartan.

Seri ini memiliki kapasitas mesin hingga 200cc sehingga nyaman untuk menyetir di jalan. Sampai saat ini, masih banyak orang yang menginginkannya untuk koleksi di rumah. Namun jumlah pemilik Vespa Spartan saat ini memang sudah tidak banyak lagi.

Suzuki GP125

Sumber: globalsuzuki.com

Jika kalian suka motor jadul sport, maka Suzuki 125 bisa menjadi pilihannya, karena jenis ini sangat terkenal pada masanya sebagai merk sepeda sport terbaik dengan kecepatan tinggi. Kalian bisa membawanya ke jalan dengan kecepatan sampai maksimal 140 km/jam.

Pada zaman dulu, Suzuki 125 terbilang sangat keren dengan desain sport. Warna motornya juga sangat pas, yaitu paduan hitam, putih, biru dan merah.

Kawasaki AR125

Sumber: webike.id

Merk Kawasaki biasanya memang tidak pernah mengecewakan saat merilis tipe sport. Bahkan pada era dulu, ada salah satu keluaran Kawasaki terkenal dengan desain keren dan transmisinya, yaitu Kawasaki AR125.

Pada zaman itu, Kawasaki AR125 bahkan memiliki kemiripan dengan motor pembalap terkenal. Tidak heran jika banyak anak muda yang mimpi ingin memilikinya. Tentu saja, Kawasaki AR125 juga menjadi salah satu keluaran zaman dulu dengan banyak peminat saat ini.

Honda Win

Sekitar tahun 1980, Honda meluncurkan Honda Win dengan desain mirip dengan Mega pro saat ini. Honda Win memiliki tampilan keren dan cocok untuk laki – laki macho pada saat itu. Oleh karena itu, banyak orang menginginkan motor jadul ini untuk koleksi di rumah.

Kelebihan Honda Win adalah pada kecepatannya. Pada masa itu, banyak orang mengaku bahwa kecepatan Honda Win dapat melampaui merek lainnya, sehingga sering digunakan untuk balapan.

Honda CB100

Selain mengeluarkan tipe Win, Honda juga mengeluarkan Honda CB100. Ciri khasnya adalah paduan cat warna hitam, putih dan biru yang menarik pandangan saat itu. Honda CB100 juga memiliki ciri khas lainnya yaitu tangki bahan bakar kecil di bagian depan.

Jika kalian ingin memilikinya, sepertinya merek ini masih mudah ditemukan saat ini. Bahkan mungkin kalian sudah pernah melihat orang yang mengendarainya ke jalan, karena jumlah pemilik Honda CB100 masih banyak.

Suzuki FR70

Mungkin, kalian juga bisa koleksi motor jadul Suzuki FR70 baik untuk penggunaan setiap hari atau hanya untuk koleksi saja. Suzuki FR70 adalah merk motor bebek pertama dari Suzuki, namun pada saat itu, banyak orang ingin memilikinya karena terlihat sederhana dan bagus.

Apalagi, mesin kendaraan Suzuki terkenal kuat dan cepat. Tidak heran jika sampai sekarang, masih ada peminat Suzuki FR70. Merek ini juga keluaran terlama, sehingga pasti unik jika menjadi salah satu koleksi kalian.

Yamaha RX King

Jika kalian suka motor jadul rangka, maka Yamaha RX King adalah pilihan terbaik. Tidak hanya untuk koleksi, Yamaha RX King juga sangat bagus dibawa ke jalanan. Tampilannya yang keren membuat siapa saja percaya diri saat membawanya.

Yamaha RX King terkenal dengan warna biru tua dan body ramping. Jumlah peminatnya saat ini masih banyak, meskipun agak sulit untuk menemukan motor ini.

Yamaha U7

Yamaha U7 juga menjadi pilihan bagus jika kalian ingin koleksi motor jadul. Yamaha U7 memiliki desain lampu unik yaitu berbentuk bulat. Keunikannya membuat banyak orang ingin mengoleksinya.

Yamaha U7 juga memiliki desain minimalis dan membuat dirinya tampak lebih menawan. Namun sayang, sudah tidak banyak orang memiliki Yamaha U7 di Indonesia.

Suzuki GT100

Suzuki GT100 pernah sangat diinginkan oleh banyak anak muda pada masanya. Hal ini karena desainnya lebih unik dengan tangki bahan bakar lonjong. Bahkan merk ini juga berhasil melampaui motor sport lainnya pada masa itu.

Umumnya, kendaraan tua untuk koleksi memiliki harga cukup mahal, meskipun ada juga orang yang bersedia menjualnya dengan harga murah karena sudah tidak zaman lagi. Baik murah atau mahal, kalian harus tetap berhati – hati jika melakukan transaksi pembelian motor.

5 Tips Membeli Motor Jadul 

Bagi kalian yang ingin segera membeli kendaraan jadul untuk koleksi, kalian bisa langsung mencari informasi tentang orang – orang yang masih menjualnya. Namun sebelum itu, pastikan lakukan beberapa tips dalam membelinya berikut ini agar lebih aman.

Periksa Secara Langsung

Tips pertama adalah memeriksa langsung motor jadul sebelum membeli. Sebaiknya, kalian tidak hanya sekedar melihat foto dan melakukan penilaian secara fisik melalui foto tersebut, karena biasanya foto tidak mudah dipercaya.

Meskipun lokasi penjual jauh, sebaiknya tetap periksa secara langsung. Apalagi, transaksi ini menyangkut uang dalam jumlah besar, sehingga seharusnya tetap lakukan transaksi secara langsung agar lebih aman.

Pelajari Sejarah Motor

Jika kalian sudah datang langsung ke lokasi untuk melakukan pemeriksaan, selanjutnya pelajari bagaimana Sejarah motornya tersebut. Caranya adalah dengan bertanya pada pemilik motor dan meminta untuk menjawab dengan jujur.

Misalnya menanyakan apakah pernah terjadi kecelakaan, pernah memodifikasi atau lainnya. Tujuannya adalah untuk menyesuaikan dengan harga dan menilai apakah masih layak.

Periksa Suku Cadang dan Mesin

Tips berikutnya adalah dengan memeriksa suku cadang dan mesin motor jadul. Hal ini penting, terutama jika kalian ingin memakainya untuk menyetir hari – hari. Periksa suku cadang dan mesin dengan membawanya ke bengkel, atau lakukan pemeriksaan sendiri jika paham mesin.

Jika kalian tidak ingin memakainya ke jalan atau hanya untuk koleksi di rumah saja, maka sebenarnya pemeriksaan suku cadang dan mesin ini tidak terlalu perlu.

Memeriksa Kelengkapan Surat

Agar lebih aman, sebaiknya kalian juga melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan surat dan pajak motornya. Hal ini sangat penting untuk memastikan legal tidaknya motor jadul tersebut, karena ada beberapa orang yang mencuri jenis kendaraan seperti ini.

Kelengkapan surat terdiri dari STNK dan BPKB. Jika sudah memeriksa semuanya dan merasa lengkap, kalian bisa mulai tawar menawar harga, karena motornya sudah pasti aman dan legal.

Tidak Tergoda dengan Harga Murah

Tips terakhir adalah jangan mudah tergoda dengan harga murah. Kendaraan jadul memang sangat umum memiliki harga mahal, sehingga harga murah justru menjadi sesuatu yang patut kalian curigai dan periksa kembali.

Jika kalian sudah melakukan beberapa tips tersebut, kalian bisa memiliki motornya dengan cara yang aman. Baik untuk koleksi atau pemakaian setiap hari, kalian harus tetap menggunakan tips dalam membeli motor jadul tersebut, sehingga tidak ada kerugian dan penyesalan nantinya.