Live Streaming Jadi Cara Baru Berjualan di E-Commerce

pada 5 tahun lalu - by

Metode penjualan melalui video siaran langsung ataulive streamingmenjadi pendekatan baru berjualan di platformmarketplacemilikAlibabaGroup. Cara ini dinilai efektif untuk menggaet pasar anak muda yang menginginkan informasi mendalam tentang produk yang akan mereka beli.

Pemasaran lewatlive streamingbiasanya dilakukan oleh tokoh-tokoh berpengaruh(influencer)di media sosial. Calon pembeli pun dapat berkomunikasi interaktif dengan para influencer yang sedang bersiaran di berbagai ekosistem platform yang dimiliki Alibaba, seperti Taobao, Tmall, Lazada, Ali Express, serta Fliggy (marketplaceyang melayani wisata).

DalamFestival BelanjaOnline 11.11, sekitar 50 persen merek yang ikut serta ikut menyelenggarakanlive streaming.Bahkanlive streaming, berkontribusi hingga 20 miliar yuan atau sekitar Rp 40 triliun terhadap transaksi selama festival.

Alibaba membuka 10 studio dan mengundang 2 ribuinfluenceruntuk ber-live streamingdi kantor pusatnya di Hangzhou, Tiongkok untuk meramaikan pesta diskon yang hanya berlangsung satu hari dalam setahun ini. Dari 10 studio tersebut, nilai penjualan kotor ataugross merchandise value (GMV) yang berhasil direalisasikan mencapai lebih dari 1 miliar yuan atau sekitar Rp 2 triliun.

 (Baca:Pesta Diskon 11.11, Alibaba Cetak Rekor Penjualan Tembus Rp 538 T)

Alvin Liu, General Manager of Tmall Import and Export dari Alibaba Group, mengatakanlive streamingsangat berpengaruh terhadap minat membeli anak-anak muda, terutama di Tiongkok.Influencerpun benar-benar harus memahami mengenai produk yang mereka jual. Konsumen anak muda saat ini sudah jauh lebih cerdas dan kritis, tidak lagi sekadar ikut-ikutan apa yang disampaikan influencer.

“Jika dulu kalau mereka(influencer)suka, maka saya beli. Sekarang mereka perlu tahu dulu kenapa harus membeli? Apa kelebihan produk tersebut? Ini jadi tantangan juga bagi pemilik merek untuk memperkuat brand story mereka,” kata dia di Hangzhou, Tiongkok.

Berjualan lewatlive streamingjuga telah dilakukan bintang TV realitas dan ikon media sosial Kim Kardashian West saat meluncurkan brand “KKW Fragrance” di Tmall Global pada Oktober 2019.

Pada 6 November, Kim melakukanlive streamingpertamanya di Tiongkok bersamainfluencerterkemuka Tiongkok Viya Huang, dan berhasil menarik 13 juta penonton.

(Baca:Serba-Serbi 11.11 dan Isu Keamanan Siber Saat Pesta Diskon)

Di Asia Tenggara belum banyakmarketplaceyang sudah menerapkan metode ini untuk menggaet pembeli. Lazada Thailand adalah yang pertama kali menggelarlive streamingdi platformnya sejak November tahun lalu.

Emily Liu, Senior Vice President, New Business Lazada Thailand, mengatakan pernah mengadakanlive streaming4 jam nonstop yang ditonton hingga 1 juta orang. “Tentu intergantung pada konten dan artis yang siaran,” kata dia.

Tak hanya produk gaya hidup yang biasa dilirik oleh kaum muda. Lazada Thailand kerap melakukanlive streaminguntuk produk investasi seperti emas dan properti. “Kedua produk ini sangat tinggi peminatnya di Lazada Thailand,” jelas dia.