Logo Chrome Akhirnya Ganti, Apanya yang Beda?

09 February 2022 - by

Uzone.id - Pengguna Chrome mungkin tak banyak yang tahu kalau Google Chrome mengganti wajah ikon setelah 8 tahun bertahan dengan logo sebelumnya.

Jika kalian merasa logo baru ini terlihat sama saja, kalian tak salah kok. Karena faktanya, logo baru Chrome hanya memiliki sedikit perbedaan dari sebelumnya alias serupa tapi tak sama.

Advertising
Advertising

Sumber foto: Twitter @elvin_not_11

Pergantian logo ini dibagikan oleh desainer Google Chrome, Elvin Hu. Selain memberikan first look logo ini, Hu juga membagikan cerita dibalik perubahan yang sangat tipis pada logo tersebut dalam sebuah utas.

“Kami menyederhanakan ikon brand dengan menghilangkan bayangan, menyempurnakan proporsi dan mencerahkan warna untuk menyelaraskannya dengan brand google yang lebih modern,” tulis Hu.

Baca juga: Google Ingin Pengguna Android dan Windows PC Akur

Hu juga menyebutkan bahwa mereka menempatkan gradien warna yang sangat halus ke logo baru agar ikon ini lebih mudah diakses. Saking halusnya, bahkan kita pun tak menyadarinya apabila tak dijelaskan secara detail oleh sang desainer.

Desain terbaru logo Chrome ini menghilangkan bayangan dan membuat warnanya lebih tajam dan hidup. Lingkaran biru dan putih di tengah-tengah logo juga terlihat lebih besar dan warna birunya juga terlihat lebih tegas.

Baca juga: Tak Kapok dari Kegagalan Google Glass, Google Rancang Kacamata AR?

Yang membuat logo baru ini menarik adalah fakta bahwa logo Chrome takkan terlihat sama di semua sistem. 

Di ChromeOS, logo akan terlihat lebih berwarna untuk menyelaraskan dan melengkapi ikon sistem lain, sedangkan di macOS, logo ini akan memiliki bayangan kecil yang membuatnya terlihat seperti ‘muncul’ dari Dok. 

Untuk versi Windows 11 dan 10, logo akan memiliki gradien yang lebih ‘dramatis’ sehingga cocok dengan gaya ikon Windows lainnya. 

Logo ini akan muncul ke publik beberapa bulan yang akan datang. Meski begitu, kalian bisa melihat Chrome dengan wajah baru ini lewat Chrome Canary, atau Chrome versi pengembang.

Ada juga beberapa ikon baru untuk logo Chrome versi beta dan developer dengan perubahan paling nyata ada di ikon blueprint-style untuk aplikasi beta di iOS.

Hu juga menceritakan bahwa tim desain juga bereksperimen dengan garis putih yang berfungsi sebagai batas antara setiap warna, tetapi menemukan bahwa perubahan tersebut akan membuat keseluruhan ikon menjadi lebih kecil dan berpotensi membuatnya lebih sulit dikenali.

Sumber foto: Twitter @elvin_not_11

Dari tahun ke tahun semenjak 2008, logo Chrome terlihat semakin sederhana saja. Dari waktu ke waktu, logo ini terlihat semakin ‘datar’ karena konsep 2D modern yang mereka usung. Beberapa orang setuju kalau versi 2008 yang memiliki tampilan 3D terlihat lebih baik dibanding logo-logo selanjutnya.