Lolos ke Piala Dunia 2018, Presiden Panama: Besok Libur Nasional

pada 7 tahun lalu - by

Sukses timnas Panama meraih tiket ke Piala Dunia 2018 disebut sebagai hari yang bersejarah. Bahkan, Presiden Panama Juan Carlos Varela telah mengumumkan bahwa Rabu besok sebagai hari libur nasional guna merayakan sukses mereka untuk pertama kalinya tampil di Piala Dunia.

Panama memastikan satu tempat di putaran final Piala Dunia tahun depan setelah di laga terakhir zona CONCACAF mengalahkan Kosta Rika 2-1. Pada laga di Panama City, tuan rumah sempat tertinggal 0-1 dari Kosta Rika oleh gol Johan Venegas.

Namun, Panama baru dapat menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol Gabriel Torres di menit ke-52. Pada menit ke-87, Roman Torres akhirnya berhasil memastikan kemenangan Panama dan memastikan lolos setelah finis di posisi ketiga zona Concacaf.

Panama unggul dalam selisih gol meski memiliki poin yang sama dengan Honduras yaitu 13 poin dan akan melakoni babak playoff. Sementara Amerika Serikat di posisi keempat dan tidak lolos setelah dikalahkan oleh Trinidad dan Tobago 2-1.

Sukses skuat besutan Hernan Gomez pun disambut gembira oleh negaranya. Bahkan Presiden Panama Juan Carlos Varela menyatakan bahwa Rabu besok menjadi hari libur nasional bagi negaranya untuk dapat merayakan momen bersejarah lebih lama lagi.   

"Suara orang-orang telah didengar; rayakan hari bersejarah ini untuk Panama. Besok [Rabu] adalah hari libur nasional," cuit Juan Carlos Varela yang diposting lewat akun Twitter resminya.

"Ini adalah hari bersejarah bagi negara ini. Besok akan gratis bagi pekerja sektor publik dan swasta. Pada hari libur nasional, kelas juga diliburkan di sekolah swasta dan negeri, merayakanya bersama keluarga."(Scoresway)