Mager Sampai FOMO, Ini Alasan Anak Muda Lebih Suka Pakai Bank Digital

pada 7 hari lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id —Hampir 78 persen masyarakat Indonesia, khususnya Gen Z sudah menggunakan aplikasi fintech sepertie-wallet,bank digital, hinggapay lateruntuk memenuhi kebutuhan transaksi mereka setiap harinya.

Salah satu yang banyak digunakan selain e-wallet adalah bank digital. Ternyata, pelan-pelan anak muda sudah mulai meninggalkan bank konvensional dan beralih ke bank digital.

 

 

Melansir dari laporan yang dibagikan oleh lembaga riset Lokadata.id, sebanyak 73 persen Gen Z atautech-savvy generationkini menggunakan bank digital sebagai aplikasi keuangan mereka.

“73 persen Gen Z sudah menggunakan bank digital. Isu FOMO (teman yg banyak menggunakan) dan kekinian menjadi salah satu alasan anak muda menggunakan bank digital,” kata Suwandi Ahmad, Chief Data Officer Lokadata.id, dalam diskusi bertajuk ‘Dunia Baru Fintech’, Rabu, (09/10).

Selain dua faktor tersebut, Suwandi menyebut bahwa akses yang mudah dan bisa dilakukan kapanpun dimanapun menjadi alasan paling banyak digunakan oleh anak muda. 

“(mereka) lebih memilih layanan yang bisa diakses kapanpun,” tambahnya.

Suwandi menambahkan, bahwa bank digital dipilih karena mendukung aktivitas ‘malas gerak’ mereka karena tidak perlu pergi ke kantor cabang, mengantri dan bertemu secara face-to-face dengan pelayan bank.

 

 

Alasan lainnya adalah karena Bank Digital memiliki banyak promo dan terafiliasi dengan aplikasi lain seperti e-commerce,food-delivery, ride-hailingdan lainnya.

“Selain bisa diakses kapanpun, faktor bank digital yang terafiliasi dengan aplikasi lain (e-commerce, investasi, dll) menjadi alasan responden menggunakan bank digital,” tambah Suwandi.

Ada pun fitur dan aktivitas yang paling banyak digunakan adalah untuk mengisi saldo atautop-upe-wallet, transfer bank antar bank, pembayaran tagihan, tabungan, investasi, pelacakan pengeluaran, tabungan bersama, kredit atau pinjaman dan untuk berkonsultasi dengan customer service.