Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Disantap saat Buka Puasa

pada 6 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Menjalankan ibadah puasa selama 13 jam lebih tentu akan membuat hampir semua orang ingin berbuka puasa dengan segala jenis makanan dan minuman. Lapar mata, ya itulah yang terjadi saat perut dan dahaga menahan rasa lapar dan haus selama seharian lamanya. 

Akibatnya, aneka takjil akan dibeli dan kemudian disantap sekaligus saat adzan magrib berkumandang. Padahal, berbuka puasa sejatinya harus dengan makanan yang bergizi seimbang. 

Menurut seorang ahli gizi klinis dari Burjeel Hospital Abu Dhabi, Rahma Ali, perubahan jadwal makan saat bulan Ramadhan menuntut umat Muslim untuk mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah. 

"Baik saat sahur atau pun buka puasa, semua makanan yang disantap harus seimbang. Dan, semua makanan harus mengandungitemdari masing-masing kelompok makanan seperti sayuran, sereal, daging, produk susu dan buah-buahan," jelas Ali seperti dikutip dari Khaleej Times. 

Lebih lanjut, Ali juga membagi jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi saat berbuka puasa. Untuk mengetahuinya, berikut daftar makanan yang dianjurkan dan tidak dianjurkan untuk buka puasa menurut penjabaran seorang Rahma Ali:

Makanan yang boleh dikonsumsi saat buka puasa

1. Buah-buahan yang kaya akan potasium

Kurma adalah salah satu buah yang memiliki segudang nutrisi. Buah bertekstur lembut ini juga menjadi pembangkit tenaga saat berbuka puasa. Tak hanya berkhasiat untuk menghidrasi tubuh, kurma juga akan memberikan energi secara cepat sehingga tubuh akan kembali segar setelah berpuasa selama berjam-jam lamanya. 

2. Cairan yang cukup

Puasa memang bisa menyebabkan seseorang mengalami hidrasi. Namun, hal ini bisa disiasati dengan mengkonsumsi banyak cairan saat berbuka puasa. Minuman seperti jus buah alami bisa dikonsumsi untuk mencegah terjadinya hidrasi. 

3. Kacang-kacangan

Salah satu jenis kacang-kacangan yang baik dikonsumsi saat buka puasa adalah almond. Mengandung lemak baik, kacang satu ini menjadi makanan yang tepat untuk disantap saat berbuka, karena almond akan memberikan asupan lemak baik untuk tubuh sehingga akan membuat kamu merasa kenyang tanpa merasa begah.

4. Sayuran yang mengandung banyak air

Untuk menghidrasi tubuh secepat mungkin, kamu bisa mengkonsumsi sayuran yang mengandung banyak air. Mentimun, selada, dan sayuran yang kaya akan serat lainnya memiliki sifat hidrasi yang bisa membuat tubuh menjadi segar kembali. Jenis sayuran ini juga akan mencegah sembelit selama Ramadhan.

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat buka puasa

1. Minuman berkarbonasi

Hindari minuman olahan dan minuman berkarbonasi saat buka puasa. Bukan kesehatan yang didapat, justru bahaya kesehatan yang akan menghampiri. Sebaliknya, minumlah air putih atau air kelapa untuk menghidrasi tubuh lebih cepat. 

2. Makanan yang mengandung gula tinggi

Buka puasa memang dianjurkan untuk berbuka dengan makanan manis. Namun, mengkonsumsi makanan yang tinggi gula seperti cokelat hanya akan membuat bobot berat badan meningkat. Menyantap makanan tinggi gula setiap hari, terutama saat buka puasa juga akan memicu berbagai bahaya kesehatan yang kompleks. 

3. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng dengan kadar lemak jenuh yang tinggi tentu bukanlah makanan yang dianjurkan untuk disantap saat berbuka puasa. Hindari makanan tersebut untuk mendapatkan tubuh yang sehat selama Ramadhan.