Manfaat dan Risiko Puasa Mutih Bagi Kesehatan

pada 7 tahun lalu - by

Puasa mutih di Indonesia banyak dilakukan dalam rangka ritual keagamaan.Berbeda dengan puasa Ramadan, puasa ini pada dasarnya adalah pantangan makanan tertentu saja.

Ketika sedang berpuasa mutih, Anda masih boleh makan dan minum di siang harinya. Lalu, apa yang dimaksud dengan puasa mutih? Adakah manfaat dan efek sampingnya?

Apa itu puasa mutih?

Puasa mutih adalah prinsip “diet” yang hanya memperbolehkan seseorang untuk mengonsumsi nasi putih dan air putih saja, tanpa lauk pauk apapun. Biasanya puasa ini dilakukan dalam jangka waktu tertentu dan berbeda-beda. Ada yang mulai dari 3 hari sampai 40 hari, tergantung niat dan tujuan puasa itu sendiri.

Kurang lebih, puasa mutih yang Anda lakukan sama aturannya denganmakanan tinggi karbohidrat. Namun, apakah puasa jenis ini itu baik buat kesehatan tubuh?

Manfaat puasa mutih untuk kesehatan

Puasa mutih sama saja dengan mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Asupan tinggi karbohidrat dapat mempercepat metabolisme tubuh, serta menyediakan sumber utama bahan bakar tubuh. Sederhananya, puasa mutih dapat menghasilkan energi yang cepat untuk aktivitas fisik dalam jangka waktu yang pendek.

Beberapa ahli diet terkadang merekomendasikan asupan tinggi karbohidrat dan rendah lemak untuk beberapa kasus tertentu. Efek yang ada pada tubuh sangat bergantung pada jenis karbohidrat yang dikonsumsi. Pada kasus puasa mutih ini, Anda hanya mengonsumsinasi putihsebagai karbohidrat sederhana, alias karbohidrat kosong.

Para peneliti menunjukkan bahwa makan makanan yang mengandung karbohidrat diduga lebih meningkatkan usaha dalam menurunkan berat badan di awalnya. Diet tinggi karbohidrat juga rata-rata aman dilakukan dalam kurun waktu yang sebentar.

Adakah risiko kesehatan dari puasa mutih?

Dua studi di Meksiko yang dipublikasikan pada tahun 2002 oleh Journal of the National Cancer Institute, menyatakan bahwa pola makan tinggi karbohidrat dapat meningkatkanrisiko kanker payudaradan kanker pankreas. Jika diet tinggi karbohidrat tidak dipantau ketat oleh ahli gizi, hal ini dapat menyebabkan obesitas dan penyakit kronis lainnya.

Satu penelitian lain yang dilakukan oleh Mayo Clinic menemukan bahwa diet kaya karbohidrat dan gula meningkatkan risiko Anda mengalami kerusakan kognitif ringan, yang kemudian meningkatkan risiko penyakitdemensia. Hasil ini dilaporkan setelah mengamati pola makan tinggi karbohidrat pada 1.230 orang berusia antara 70 – 89 tahun selama setahun.

Begini cara yang sehat dan aman untuk melakukan puasa mutih

Menimbang manfaat dan risiko kesehatan dari diet tinggi karbo yang telah disinggung di atas, ada baiknya Anda untuk tetap mengonsumsi vitamin atau suplemen jika tetap ingin berpuasa mutih agar tubuh bisa memenuhi kebutuhan gizinya secara optimal. Puasa mutih tergolong relatif aman untuk dilakukan sesekali, tapi tidak disarankan untuk dilakukan sebagai gaya hidup yang rutin.

Selain Anda bisa kekurangan gizi, tubuh pun akan lebih mudah terserang penyakit yang bersumber dari kelebihan zat karbohidrat dan gula. Baiknya setelah beberapa waktu setelah “berpuasa”, Anda harus dan wajib membalasnya dengan mengonsumsi sayuran, buah, kacang, dan biji-bijian. Dengan demikian, setidaknya kebugaran tubuh Anda tetap terjaga dan terpenuhi juga nutrisinya.

 

The postManfaat dan Risiko Puasa Mutih Bagi Kesehatanappeared first onHello Sehat.