Masih Mati Listrik Karena Banjir? Ini Tips Hemat Baterai Ponsel

pada 5 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

(Ilustrasi. Foto: Steve Johnson / Unsplash)

Uzone.id-- Hujan deras yang mengguyur daerah Jabodetabek sejak 31 Desember 2019 sampai 1 Januari 2020 mengakibatkan banjir. Gara-gara ini, Perusahaan Listrik Negara (PLN) memadamkan listrik sementara di beberapa titik.

Pemadaman listrik ini bahkan masih berlangsung di sejumlah daerah dan membuat warga kebingungan, alasan utamanya karena kesulitan mengisi daya ulang baterai ponsel.

Di tengah ketidakpastian kapan listrik akan kembali menyala, ada baiknya perhatikan beberapa tips di bawah ini untuk menghemat baterai ponsel masing-masing. Baca terus, ya.

1. Turunkanbrightness 

Demi menghemat daya baterai, pengguna disarankan untuk mengurangi tingkat kecerahan ponsel supaya gak boros. Karena semakin tinggibrightnessponsel, daya baterainya semakin terkuras.

Malah kalau ponsel kalian sudah mendukungdark mode, ganti aja langsung.

2. Matikan sinyal radio yang tak dibutuhkan

Kalau memang lagi gak dipakai, sering-sering ubah pengaturan sinyal jadi Airplane Mode karena hal ini bisa memperlambat pengurangan baterai ponsel.

Tapi kalau memang harus terus menyala, jangan lupa matikan NFC, GPS, Bluetooth, hingga WiFi yang menggunakan frekuensi radio agar baterai ponsel lebih hemat.

Baca juga:Tips Charging Baterai Supaya Gak Cepat Rusak

3. Kurangi pakai aplikasi paling boros baterai

Biasanya di dalam pengaturan atauSettingsponsel, bisa memperlihatkan daftar aplikasi mana saja yang paling bikin baterai cepat terkuras.

Untuk ponsel Android, langkahnya:Settings>Battery & performance>Power usage.

Untuk ponsel iPhone, langkahnya:Settings>Battery>scrollkeBattery Usage by App.

Dari situ, nanti akan terlihat aplikasi apa saja yang menyedot daya baterai paling banyak. Kalau sudah ketahuan, bijaknya sih kita mengurangi atau bahkan berhenti menggunakan aplikasi itu selama ponsel lagi dalam kondisilow battery.

4. Manfaatkan fiturpower saving

Semakin banyak ponsel pintar yang dilengkapi dengan fiturpower savingyang bisa lebih hemat daya baterai. Biasanya ada beberapa hal yang dibatasi kalau fitur ini kita aktifkan, misalnya adaupdate softwareatau aplikasi terbaru, gak bisa diunduh secara otomatis, dan lain-lain.

Kalau lagi menghemat baterai, fitur ini sudah sebaiknya diaktifkan,gaes.

5. Matikan notifikasi tak perlu

Wajar kalau kita mengaktifkan berbagai notifikasi dari sejumlah aplikasi agar tahu informasi terbaru. Di kondisi genting seperti ini, ada baiknya kamu mematikan notifikasi dari aplikasi yang jarang digunakan atau bahkan gak perlu-perlu amat agar baterai ponsel gak terkuras.

Pengaturan notifikasi ini dapat kita atur sendiri diSettingsponsel untuk tiap aplikasi yang ada di dalam ponsel.