Memaksimalkan Instagram sebagai Ruang Promosi

pada 7 tahun lalu - by

Situs berbagi foto dan videoInstagramkini telah menjadi sebuah media sosial yang dapat digunakan sebagai akun personal ataupun untuk bisnis.

Kini, setelah Facebook, Pinterest, dan Twitter yang memiliki fitur bisnis di dalamnya, akhirnya media sosial berbagi foto ini juga turut serta menyediakan layanan bisnis mereka — walau fiturnya tidak selengkap Facebook, Pinterest, dan Twitter.

Kini, pengguna Instagram for Business tidak hanya dapat mengunggah foto produk mereka di Instagram, namun mereka juga dapat menggunakan Instagram sebagai media untuk membangunbranddari bisnis tersebut.

Kali ini,Tech in Asia Indonesiaakan berbagi beberapa tip untuk para pemilikecommerceguna memaksimalkan Instagram untuk membangun citrabrand.


Maksimalkan penggunaan foto produk

Bagi konsumen, melihat foto produk di akun Instagram memiliki sensasi yang sama seperti mereka sedang pergi ke mal dan melihat produk di etalase toko — tanpa perlu lelah berjalan di dalam mal dan berhimpitan dengan orang lain.

Ketikabrandkamu menambahkan produk baru ke dalam tokoonline, kamu tidak ingin memaksa supaya konsumen dapat langsung melihat produk tersebut di tokoonline. Karenanya, dengan post Instagram kamu dapat menggiring mereka untuk mengunjungi halaman produk baru tersebut.

Ketimbang menghabiskan waktu untuk memotret gambar terbaik untuk profil Instagrambrandkamu, akan lebih baik apabila kamu membuat sebuah gambar produk yang jelas dan dapat digunakan di semua platform.

BobobobodanHijabenkaadalah salah satu contohnya, di mana mereka memajang foto produk di akun Instagram yang juga digunakan pada tokoonline. Dengan menggunakan latar foto berwarna putih, foto ini akan mudah untuk dimodifikasi untuk kebutuhan ragam resolusi media sosial. Sayangnya, kedua tokoonlinetidak menyertakan link untuk mengakses langsung barang yang dimaksud. Dengan adanyalinkini akan sangat mempermudah pengguna untuk dapat mengakses produk yang mereka mau dengan cepat.

Tunjukkan bahwa audiens benar-benar menggunakan produk kamu

Media sosial untuk berbagi foto seperti Instagram sangat cocok digunakan untuke-commercekarena dapat menjadi wahana testimoni pelanggan yang puas menggunakan produk kamu.

Dengan melakukanrepostulang foto dari pengguna produk kamu, kamu akan meyakinkan audiens lain untuk semakin ingin membeli produk kamu. Sayangnya, beberapa foto semacam ini seringkali menimbulkan kebingungan karena audiens tidak mengetahui produk apa yang berusaha ditekankan di foto tersebut.

Hal ini bukan berarti foto produk yang digunakan audiens ini tidak efektif, hanya saja kamu perlu lebih cerdas untuk membuatcaptionfoto tersebut agar tetap relevan di mata audiens. Tunjukkan seperti apa produkmu ketika digunakan atau tunjukkan kegunaannya kepada audiens. Apabila kamu berjualan busana, gunakan foto yang memiliki kesan seperti“lookbook”. Buat audiens kamu untuk berpikir bahwa mereka membutuhkan produk kamu.

Metode seperti ini digunakan oleh produsen sepatu lokalBRO.DOdalam mempromosikan produk mereka. Dengan mengunggah berbagai gambar bernuansa gaya hidup yang mereka dapat dari penggunanya, BRO.DO berusaha untuk menguatkan kesan bahwa setiap sepatu yang mereka buat adalah produk yang tangguh, berkualitas, dan cocok untuk segala suasana.

Berikan kepribadian untuk brand kamu

Jadikanbrandkamu lebih bersahabat dan dicintai oleh para konsumen di Instagram melalui foto. Unggah foto suasana kantor kamu agar audiens mengetahui seperti apa ketika bekerja di sana. Perlakukan audiens layaknya teman kamu sendiri.

Kamu bahkan dapat mengenalkan beberapa karyawan yang bekerja di kantormu — apa kesehariannya, hobinya, dan lain-lain. Karyawan akan senang apabila publik mengenal mereka sebagai karyawanmu melalui media sosial — dan bukan tidak mungkin apabilafollowerkaryawanmu akan mengikuti media sosialbrandkamu.

Berrybenka melakukan hal ini dengan membuat akun Instagram khusus untuk menyorot keseharian karyawan mereka diBerrybenka People. Sesuai dengan identitas mereka sebagai sebuah perusahaane-commercefesyen, karyawan mereka juga harusfashionabledengan tren terkini. Karenanya, mereka mengadakan program #staffmakeover untuk “mendandani” karyawan mereka dengan berbagai outfit yang menarik. Ternyata bekerja di perusahaanfesyenmemiliki kelebihan tersendiri ya!

Jangan sungkan untuk berbagi kata-kata inspiratif

Siapa yang tidak menyenangi kata-kata inspiratif? Sebuahpostyang inspiratif sangat berpeluang untuk mendapatkanrepostdari audiens, karenanya jenispostseperti ini sangatlah cocok bagi kamu untuk melakukanbrandingdi media sosial.

Kata-kata inspirasional ini dapat bersifat humor atau motivasi, dan kamu tidak perlu memikirkannya sendiri. Kamu dapat mengutip pernyataan tokoh yang inspiratif dari berbagai sumber di internet dan mengunggahnya — jangan lupa juga untuk memberikancreditkepada sumbernya. Selain itu, kamu juga harus menjagapostkata-kata inspirasional ini untuk tetap relevan denganbrandkamu melalui stok foto yang kamu gunakan. Untuk mencari stok foto gratis yang relevan, kamu dapat mencarinya disini.

Kamu dapat menggunakan stok foto atau menggunakan aplikasi tipografi untuk membuatposttersebut. Salah satu contoh menarik adalah seperti yang dibuatJD.IDdanBhinnekapada gambar di atas.

Gunakanhashtagsecara efektif

Bagi kamu yang telah cukup lama berkecimpung di dunia media sosial,hashtagmungkin bukan hal baru bagi kamu.Hashtagadalah sebuah kata yang dituliskan setelah tanda pagar (#). Pertama kali populer di Twitter, kinihashtagtelah berkembang menjadi sebuahlinkyang dapat dicari. Dengan meng-klik linkhashtag, pengguna dapat melihat berbagaipostyang menggunakan hashtag yang sama.

Hashtag dapat kamu gunakan pada beberapa produk berkategori sama untuk memudahkan kamu mengorganisasinya. Sebagai contoh, ketika kamu menambahkan hashtag #Diskon pada barang-barang yang sedang didiskon, audiens akan berusaha untuk melakukan pencarianhashtagtersebut dengan harapan bahwa mereka akan melihat barang lain yang juga sedang mendapat diskon.

Beberapa perusahaan telah menerapkan penggunakan hashtag dalam kontes yang mereka jalankan di Instagram, beberapa di antaranya adalahEleveniadengan promo #Serbu11 danBhinnekadengan promo #BhinnekaQuiz mereka.

Selain itu,hashtagjuga dapat digunakan sebagai identitasbrandkamu di dunia maya. Ketika kamu menggunakanhashtagtertentu pada foto produk yang kamu unggah, pengguna juga kemungkinan akan menggunakan hashtag yang sama ketika mereka mengunggah foto saat menggunakan produk tersebut di media sosial mereka. Untuk memperkuat interaksi dengan audiens, kamu dapat melakukanrepostterhadap foto mereka — jangan lupa untuk memberikancreditkepada pengunggah aslinya.


Ketika menggunakan Instagram sebagai media pelengkap situse-commerce, yang dapat membatasi kamu hanyalah imajinasimu. Gunakan berbagai upaya dan eksperimen untuk mendapatkan perhatian audiens.

Selain gambar, kamu juga dapat bereksperimen dengan video singkat di Instagram. Kamu memilki tip lain yang dapat membantu sebuahecommerceuntuk berkembang di ranah media sosial? Bagikan pada kolom komentar!

The postMemaksimalkan Instagram Sebagai Ruang Promosi ProdukE-commerceappeared first onTech in Asia Indonesia.