Menanti Samsung Galaxy S24 FE di Indonesia, Baru Saja Lolos TKDN!

pada dalam 2 jam - by

Uzone.id -Samsung Galaxy S24 FEdiprediksi akan meluncur secara global di tahun ini, tak terkecuali di Indonesia. Tanda-tandanya, baru saja versi murah dari Samsung Galaxy S24 Series itu lolos TKDN Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI.

Samsung Galaxy S24 FE sudah lama dirumorkan bakal meluncur pada Oktober tahun ini. Bocoran spesifikasinya bahkan sudah beredar luas.

Dari berbagai bocoran yang ada, Samsung Galaxy S24 FE punya nomor model SM-S721B, kode yang cocok dengan perangkat baru yang muncul dalam daftarTKDN.

Ponsel ini sudah mendukung jaringan 5G di Indonesia, serta mengantongi nilai TKDN sebesar 36,10 persen. Hanya saja, dari pantauan timUzone.id, Samsung Galaxy S24 FE belum muncul dalam database e-Sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

 

 

Dari bocoran yang beredar sebelumnya, Samsung Galaxy S24 FE membawa layar Dynamic AMOLED 2X seluas 6,7 inci dengan resolusi Full HD+ yang sudah mendukung HDR10+. Tak cukup, layar ini sudah mendukungrefresh rate120Hz dan menyuguhkan intensitas cahaya mencapai 1.900 nits. 

Layarnya dibuat datar, disebut mirip seperti Samsung Galaxy A55 namun dengan ukuranbezelyang lebih tipis. Konon, ketipisan bezel yang mengelilingi layar berukuran 1,99 mm saja.

Layarnya juga diberikan lapisan Gorilla Glass Victus+. Dan untuk ketahanan bodi secara keseluruhan, ponsel ini sudah mengantongi rating IP68 tahan air dan debu.

Dapur pacunya menggunakan prosesor Exynos 2400e. Embel-embel ‘e’ di belakang mungkin menandakan adanya penyesuaian performa pada Exynos 2400 standar untuk menekan harganya. 

Exynos 2400 sendiri merupakansystem on chip(SoC) dari Samsung Galaxy S24 dan Galaxy S24+ yang dijual secara global. Bila bocoran ini benar, maka Samsung akhirnya menggunakan prosesor terbaru untuk ponsel Fan Edition mereka. 

Sebab biasanya, Samsung memakai chipset yang lebih tua setahun, seperti Galaxy S23 FE yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 1 atau Exynos 2200, prosesor dari jajaran Samsung Galaxy S22 Series. 

Prosesor ini disandingkan dengan baterai berkapasitas 4.565 mAh yang didukungfast charging25W. 

 

 

Menyoal kamera, tak ada peningkatan pada kamera Samsung Galaxy S24 FE. Konfigurasinya masih sama seperti sebelumnya, yakni kamera utama 50 MP,ultrawide12 MP, kameratelephoto8 MP dengan kemampuan 3xoptical-zoom, serta kamera depan 10 MP. 

Menariknya, kabarnya Samsung Galaxy S24 FE akan berjalan di sistem operasi One UI 6.1.1 yang membawa sejumlah fitur Galaxy AI, seperti Generative Edit, Circle to Search, Sketch to Image, Live Translate, dan sebagainya. 

Belum ada kejelasan kapan Samsung Galaxy S24 FE akan melenggang resmi secara global, termasuk di Indonesia.Flashbacksedikit, Samsung Galaxy S23 FE meluncur di Indonesia pada 13 Oktober 2023.