Mencari Peruntungan dari Penjualan Merchandise K-Pop

pada 7 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Seiring dengan meningkatnya popularitas K-Pop di Indonesia, permintaan penggemar terhadap barang-barang berbau K-Pop ikut meningkat. Hal ini menyebabkan munculnya begitu banyak toko menjualmerchandiseK-Pop di Indonesia.

Bila dilihat ke belakang, kemunculan toko-tokomerchandiseK-Pop berawal sekitar tahun 2009-2010. Saat itu, 'demam Korea' yang disebabkan olehHallyu wavemulai terasa meluas di Indonesia, khususnya kota-kota besar.

Kala itu, fans K-Pop di Indonesia mulai membelimerchandiseasli dari Korea Selatan, seperti album atau DVD penyanyi idola. Rasa haus para penggemar untuk memiliki barang-barang berbau idola kesayangan, mulai dipasok oleh tokomerchandiseK-Pop. Mereka memulai bisnisnya dari tokoofflinehingga tokoonline.

Saat itu kehadiran toko-tokomerchandiseK-Pop belum menjamur seperti sekarang ini. Fans harus berpuas dengan membeli album-album di toko musik yang saat itu masih tersebar di pusat perbelanjaan kota-kota besar. Para fans yang tinggal di kota kecil bisa dibilang kesulitan untuk bisa mendapatkanmerchandiseberbau idola kesayangan mereka.

Semakin meningkatnya permintaan konsumen akan barang-barang berbau K-Pop, tentu menarik banyak penjual yang kemudian mencoba peruntungan dengan berjualanmerchandiseK-Pop. Saat ini, ada toko-tokoonlinebesar yang namanya sudah banyak diketahui orang. Jaminan barangoriginaldan sampai ke tangan pembeli dengan aman menjadi slogan para tokomerchandisebesar.

Tak hanya itu, ada juga toko-tokoonlinekecil yang dimiliki perseorangan dan dapat ditemukan dengan mudah di media sosial.

Meski awalnya penjualanmerchandiseK-Pop di Indonesia berawal dari album dan DVD, lama-kelamaan, semakin banyak variasi barang yang dijual dan diinginkan oleh pembeli. Misalnya,lighstick,hand banner, gantungan kunci atau barang lain yang dijual secara resmi oleh agensi sang idola.

Selain itu, para penggemar juga mulai membuatmerchandisemereka sendiri. Didasari rasa cinta terhadap para penyanyi idola, banyak fans yang menyalurkan bakatnya dan membuat barang-barang, seperti artbook atau buku berisi koleksi gambar sang penyanyi, pin,strap, bahkan casing HP dengan tema yang disesuaikan dengan penyanyi idola. 

Dengan adanya berbagai variasimerchandiseK-Pop dan jumlahfandomK-Pop yang besar, tentu keuntungan yang diraup para penjual juga semakin tinggi. Hal ini juga dibarengi dengan persaingan antar tokomerchandisesemakin ketat.